Biografi Jenderal Polisi (Purn.) Timur Pradopo

Biografi Jenderal Polisi (Purn.) Timur Pradopo

Selamat datang di website kesayangan kita, panara.id! Website yang paling terpercaya untuk masalah untuk informasi Bimbel TNI dan Polri favorit Anda! Bila di waktu sebelumnya kami sudah menyuguhkan Profil Jenderal Gatot Nurmantyo, maka kali ini kami menyediakan Biografi Jenderal Polisi (Purn.) Timur Pradopo untuk Anda! Tanpa basa-basi lagi, simak artikel berikut!

Tentang Jenderal Polisi (Purn.) Timur Pradopo

Timur Pradopo menjabat sebagai Kapolri sejak 22 Oktober 2010 hingga 25 Oktober 2013. Timur lahir pada 10 Januari 1956 di Jombang, Jawa Timur. Timur dilantik menjadi Kapolri pada 22 Oktober 2010 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Sebelum menjabat Kapolri, Timur pernah menjadi Kabaraharkam Polri (2010), Kapolda Metro Jaya (2010), Kapolda Jawa Barat (2008-2010), dan Kapolda Banten (2005-2008).

Pendidikan sebelum masuk akademi kepolisian, Timur bersekolah di SMAN 1 Kertosono. Setelah lulus akademi 1978, Timur melanjutkan pendidikan PTIK pada 1898 dan Sespim Polri 1996 serta Sespati Polri 2001.

Timur merupakan sosok polisi yang mengagumkan. Sejak disetujui Komisi III DPR sebagai Kapolri pada 14 Oktober, 18 hari setelahnya ia mendapat promosi kilat langsung diangkat menjadi Jenderal Kapolri oleh Presiden SBY. Saat dipercaya sebagai orang pertama di Korps Bhayangkara, Timur mengungguli dua calon lainnya yaitu Komjen Nanan Soekarna dan Komjen Imam Sudjarwo. Timur menjadi orang yang beruntung karena menimbulkan perstiwa fenomenal yaitu ketika 22 Oktober siang hari ia dilantik menjadi Kabarham bintang tiga kemudian pada malam hari diusulkan oleh SBY menjadi calon Kapolri bintang empat. Oleh karena itu, banyak ungkapan untuk Timur yaituPagi bintang dua, siang bintang tiga, dan malam bintang empat.

Keberhasilannya itu bukan tanpa alasan. Timur adalah sosok pekerja keras yang nyaris tanpa cacat. Ia dikenal sebagai sosok yang bersahaja dan memiliki pikiran yang tenang untuk menyelesaikan berbagai masalah. Timur juga merupakan sosok yang dekat dengan bawahannya. Hal itu diungkap oleh beberapa orang yang pernah menjadi bawahan Timur, mengaku bahwa Timur selalu tanggap dengan permasalahan anggota bawahannya. Timur juga sering mendatangi bawahnnya tanpa pengawalan.

Selain tanggap permasalahan dengan terjun langsung di lapangan, Timur juga diketahui sebagai muslim yang taat. Timur merupakan anak dari pasangan Sigit Sai’un dan Sriati yang merupakan seorang guru. Ayahnya merupakan seorang guru SMA sedangkan ibunya merupakan guru SD.

Semoga Biografi Jenderal Polisi (Purn.) Timur Pradopo ini bisa menginspirasi Anda semua. Apakah Anda ingin mengikuti langkahnya? Maka tidak perlu khawatir, karena Panara Course ada disini untuk Anda! Hubungi kami untuk informasi Bimbel Polri dan TNI yang terpercaya ya!

Recent Posts
WA WhatsApp
CALL Call