Kisah Sukses Jenderal Polisi (Purn.) Sutarman

Kisah Sukses Jenderal Polisi (Purn.) Sutarman

Halo dan salam semangat untuk kalian para pembaca! Kembali lagi di panara.id untuk segala jenis informasi Abdi Negara favorit Anda! Setelah memberikan informasi mengenai Biografi Agus Suhartano , maka kali ini ada informasi yang tak kalah menariknya, yaitu Kisah Jenderal Sutarman ! Tertarik? Simak artikel berikut ya!

Tentang Jenderal Polisi (Purn.) Sutarman

Sutarman menjabat sebagai Kapolri sejak 25 Oktober 2013 hingga 2015, menggantikan Jenderal Timur Pradopo. Sutarman lahir pada 5 Oktober 1957 di Weru Sukoharjo, Jawa Tengah. Sutarman dilantik oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 25 Oktober 2013. Sebelumnya, Sutarman merupakan Kabareskim Mabes Polri dan diangkat menjadi orang nomor satu di Bareskrim menggantikan Ito Sumardi. Sutarman pernah menduduki posisi sebagai Ajudan Presiden RI pemerintahan Abdurrahman Wahid. Kemudian menjabat Kapolwiltabes Surabaya, Kapolda Kepri,Kaselapa Lemdiklat Polri, lalu Kapolda Jabar hingga Kapolda Metro Jaya. Sutarman dicopot dari jabatan pada 16 Januari 2015 dan digantikan oleh Badrodin Haiti meskipun baru akan pensiun 9 bulan kemudian. Sutarman menjalani pencopotan jabatannya dengan ikhlas, ia bahkan menolak posisi yang ditawarkan Presiden Joko Widodo menjadi duta besar dan posisi BUMN. Sutarman mengatakan bahwa ia sudah lelah 34 tahun bekerja di pemerintahan, ia akan menghabiskan sisa hidupnya untuk membantu rakyat yang masih membutuhkan.

Sebelum masuk Akademi Kepolisian, Sutarman ternyata jebolan STM. Ia kemudian melanjutkan Akademi Kepolisian dan lulus pada 1981. Ia memulai karirnya pada umu 25 tahun sebagai Kepala Staf Lalu Lintas Kepolisian Restor Bandung. Sutarman merupakan anak sulung dari lima bersaudara pasangan Paidi Miharjo dan Samiyem. Ayahnya merupakan seorang petani, sehingga setelah dicopot jabatan secara terhormat dari Kapolri, ia menegaskan tidak akan terjun ke dunia pemerintahan dan memantapkan hati untuk kembali ke kampungnya di Sukoharjo. Sutarman mengaku akan melanjutkan jejak ayahnya dalam bertani. Dengan bertani, Sutarman berharap membantu mewujudkan swasembada pangan Indonesia.

Bagaimana para pembaca? Semoga Kisah Sukses Jenderal Polisi (Purn.) Sutarman ini bisa menjadi inspirasi kalian untuk kebaikan dunia ini. Jangan lupa kunjungi artikel Panara Course lainnya untuk mendapatkan informasi menarik lainnya di dunia Abdi Negara favorit Anda. Terima kasih telah membaca, sampai jumpa lain waktu!

Recent Posts
WA WhatsApp
CALL Call