Kisah Sukses Jenderal TNI (Purn.) Fachrul Razi

Kisah Sukses Jenderal TNI (Purn.) Fachrul Razi


Eh rupanya ada pembaca yang mampir disini. Selamat pagi/siang/sore/malam, selamat datang di website kesayangan kita semua, apalagi kalau bukan website Panara.id yang akurat dalam memberikan informasi terkait biografi tentara. Dengan Anda mengeklik halaman ini artinya Anda sedang mencari informasi mengenai Kisah Sukses Jenderal Fachrul Razi yang pastinya sudah anda tunggu-tunggu. Ada juga informasi mengenai Nama-Nama Kodam yang mungkin bisa menarik perhatian Anda. Jangan lupa cek artikel kami yang lain ya!

 

Jendral Fachrul Razi Batubara (lahir di Banda Aceh, Aceh Darussalam, 26 Juli 1947) adalah tokoh militer Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Menteri Agama pada Kabinet Indonesia Maju. Lulusan Akademi Militer 1970 ini berpengalaman dalam bidang infanteri. Jabatan terakhir jenderal bintang empat ini adalah Wakil Panglima TNI. Razi juga termasuk dalam tim pendiri partai politik Hanura. Dalam pemilihan presiden tahun 2019, Razi memimpin tim "Bravo 5" yang terdiri atas pensiunan perwira TNI yang mendukung kampanye pemilihan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.  Pada tanggal 20 Oktober 2019, Razi dilantik sebagai Menteri Agama. Dia merupakan tokoh militer ketiga yang memegang jabatan sebagai Menteri Agama, dan yang pertama sejak era Reformasi.

 

Fachrul pernah menjabat sebagai Gubernur Akademi Militer pada 1996 hingga 1997. Setelah itu, Fachrul sempat didapuk menjadi Kepala Staf Umum (Kasum) ABRI periode 1998 sampai 1999. Hingga puncaknya, menjadi Wakil Panglima TNI pada 1999 hingga 2000.

 

Ternyata, posisi Wakil Panglima TNI adalah yang terakhir bagi pria kelahiran Banda Aceh, 26 Juli 1947 ini. Sebab pada 2000, Fachrul pensiun dengan pangkat terakhir Jenderal TNI.

 

Setelah pensiun dari TNI, Razi menjabat beberapa posisi Komisaris Utama, diantaranya di PT Central Proteina Prima Tbk, PT Aneka Tambang Tbk, dan PT Toba Sejahtera. Razi menjadi salah satu pendiri Partai Hati Nurani Rakyat dan dalam pemilihan presiden 2009 ia mendukung pasangan Jusuf Kalla-Wiranto. Pada tahun 2014, Razi mendukung keberhasilan Joko Widodo dalam pemilihan presiden, dan menjadi penasihat pertahanan selama pembentukan kabinet baru.

 

Riwayat karir:

Militer

Komandan Brigade Infanteri Lintas Udara 17 Kujang 1 Kostrad

Anggota Majalis Amanah Pengurus Besar Ormas Mathla'ul Anwar (PBMA).

Wakil Asisten Operasi KASAD

Kepala Staf Daerah Militer VII/Wirabuana

Gubernur Akademi Militer (1996–1997)

Asisten Operasi KASUM ABRI (1997–1998)

Kepala Staf Umum ABRI (1998–1999)[11]

Sekretaris Jenderal Departemen Pertahanan (1999)

Wakil Panglima TNI (1999–2000)

Sipil

Komisaris Utama PT Central Proteina Prima Tbk (CPRO)

Komisaris Utama PT Aneka Tambang Tbk (ANTM)

Menteri Agama Republik Indonesia (2019–2020)

 

Itu tadi artikel mengenai Kisah Sukses Jenderal TNI (Purn.) Fachrul Razi yang sudah membuat anda penasaran. Apakah anda merasa mendapatkan pencerahan? Atau mungkin membutuhkan orang yang dapat membantu Anda? Untuk informasi bimbel TNI & POLRI kunjungi Panara Course. Segera hubungi kami di nomor yang tertera di bawah untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

  
Recent Posts
WA WhatsApp
CALL Call