AKADEMI MILITER DAN SEJARAHNYA

AKADEMI MILITER DAN SEJARAHNYA

Selamat datang di website Panara Course. Apakah Anda memiliki masalah terkait mencari Jasa Bimbel TNI dan POLRI yang terpercaya? Sudah mencoba mencari dimana pun namun bukannya tuntas justru malah semakin rumit? Dengan membuka halaman ini maka Anda termasuk salah satu orang paling beruntung karena Anda akan mengetahui informasi yang tidak diketahui oleh orang lain! Di sini kami tidak akan berbasa-basi dan tidak akan menawarkan sesuatu yang tidak Anda butuhkan, karena kami tau bahwa waktu Anda sangat berharga. Maka selamat menyimak dengan cermat karena informasi di bawah akan benar-benar mengubah mengubah hidup Anda ke arah yang lebih baik.

Gimana sih sejarah terbentuknya Akademi Militer? Pasti penasaran kan dengan bagaimana proses terbentuknya Akademi Militer. Mari kita simak penjelasan berikut:

Seputar Akademi Militer

Akademi militer merupakan lembaga pendidikan pencetak taruna Perwira TNI AD yang memiliki sikap dan perilaku sebagai prajurit Saptamarga, pengetahuan dan ketrampilan dasar golongan Perwira, berkualifikasi Akademis progam Diploma IV Pertahanan serta Jasmani yang samapta. Akademi Militer merupakan badan pelaksana pusat di tingkat Mabes TNI AD yang berada di bawah naungan Kasad.

Sejarah Akadmei Militer

Akademi Militer (Akmil) pada mulanya terbentuk karena didirikannya MA ( Militaire Academia) pada 31 Oktober 1945. MA ini didirikan di Yogyakarta atas perintah Letnan Jendera TNI Oerip Soemohardjo selaku Kepala Staf Umum Tentara Keamanan Rakyat. Hanya bertahan meluluskan dua angkatan, MA ini akhirnya ditutup sementara dengan taruna angkatan ketiga melanjutkan studi di KMA Breda Netherland. Pada tanggal 1 Januari 1951 didirikan SPGi AD (Sekolah Perwira Genie Angakatan Darat) yang berlokasi di Bandung. Kemudian pada tanggal 23 September 1956 diubah namanya menjadi ATEKAD (Akademi Teknik Angkatan Darat). Sementara itu, pada tanggal 13 Januari 1951 didirikan pula P3AD (Pusat Pendidikan Perwira Angkatan Darat). Menanggapi banyaknya lembaga pendidikan Angkatan Darat yang terbentuk, munculah gagasan dari pimpinan TNI AD untuk mendirikan Akademi Militer. Gagasan ini kemudian dikembangkan hingga mendapat keputusan bahwa Akademi Militer di Magelang akan diresmikan kembali. Akademi Militer ini merupakan kelanjutan dari MA Yogyakarta dan taruna yang masuk pada Akademi Militer ini disebut sebagai angkatan ke-4. Pada tahun 1961 Akademi Militer di Magelang ini diintegrasikan dengan ATEKAD Bandung dan diberi nama Akademi Militer Nasional yang berkedudukan di Magelang.

Pada 19 Desember 1965, seluruh Akademi Angkatan (AMN, AAL, AAU, dan AAK) disatukan menjadi AKABRI (Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia). Sesuai dengan tugas maka pada tanggal 29 Januari 1967 AKABRI di Magelang diresmikan menjadi AKABRI Udarat, yaitu AKABRI Bagian Umum dan AKABRI Bagian Darat. Pada 29 September 1979 ALABRI Udarat berubah nama menjadi AKABRI Bagian Darat. Namun, pada 1984 dalam rangka restrukturisasi maka AKABRI Bagian Darat berubah nama menjadi Akmil (Akademi Militer). Pada tanggal 1 April 1999 secara resmi Polri terpisah dari 3 angkatan lainnya sehingga AKABRI berubah namanya menjadi Akademi TNI yang terdiri dari Akademi Militer, Akademi Angkatan Laut, dan Akademi Angkatan Udara.

Jasa Bimbel TNI dan POLRI yang kami tawarkan tentunya sudah tidak diragukan lagi. Anda hanya perlu membuktikannya dengan bekerja sama dengan kami. Jika ingin bekerja sama dengan kami, Anda bisa menghubungi kami Panara Course melalui nomor whatsaap atau telepon yang telah tertera. Untuk informasi lebih lanjut juga bisa Anda tanyakan di nomor tersebut. Ditunggu kerja samanya.

Recent Posts
WA WhatsApp
CALL Call