AKADEMI KEPOLISIAN DAN SEJARAHNYA

AKADEMI KEPOLISIAN DAN SEJARAHNYA

Bingung dengan permasalahan terkait mencari Jasa Bimbel TNI dan POLRI yang terpercaya ? Mau masalah cepat selesai, tapi nggak tahu harus ngapain? Anda hanya perlu menyerahkan kepada ahlinya. Anda tidak perlu kebingungan mencari ahlinya. Anda hanya perlu menghubungi kami. Kami Panara Course menyediakan layanan Jasa Bimbel TNI dan POLRI yang terpercaya. Jasa yang kami tawarkan dikerjakan oleh tenaga yang ahli dan profesional di bidangnya. Permasalahan Anda akan cepat selesai dengan tuntas. Hasilnya pun akan maksimal sesuai dengan keinginan yang Anda harapkan.

Gimana sih sejarah terbentuknya Akademi Kepolisian? Pasti penasaran kan dengan bagaimana proses terbentuknya Akademi Kepolisian. Mari kita simak penjelasan berikut:

Seputar Akademi Kepolisian

Akademi Kepolisian (Akpol) merupakan sebuah lembaga pendidikan yang bertujuan untuk mencetak generasi penerus Perwira Polri. Akpol merupakan unsur pelaksana pendidikan pembentukan Perwira Polri yang berada di bawah Kepala Lembaga Pendidikan Polri (Kalemdikpol). Akpol didirikan dengan tujuan untuk menyelenggarakan pendidikan pembentukan Perwira Polri tingkat akademi dengan masa pendidikan selama 4 tahun sesuai dengan Peraturan Kapolri Nomor 21 tahun 2010.

Sejarah Akademi Kepolisian

Pada awal revolusi, kelompok instruktur polisi membangun lembaga kepolisian yang bernama Sekolah Polisi Bagian Tinggi yang terletak di Mertoyudan Magelang. Pada tanggal 17 Juni 1946 Sekolah Polisi Bagian Tinggi resmi diubah namanya menjadi Akademi Polisi melalui pengesahan Menteri Dalam Negeri dan juga dihadiri oleh Presiden Soekarno besera Wakilnya yaitu Moh. Hatta. Paat itu, Akademi Polisi Mertoyudan dilengkapi dengan dosen dan dewan guru besar antara lain Prof. Dr. Soepomo, Prof. Mr. Soenario Kolopaking, Sanjaya Widjaya, Prof Dr. Prijono dan Ki Hadjar Dewantara. Namun, pada akhir September 1946, Akademi Polisi yang semula terletak di Magelang akan dipindahkan ke Yogyakarta. Setelah pengakuan kedaulatan RI pada 27 Desember 1949, Akademi Polisi dipindahkan ke Jakarta seiring dengan perpindahan pusat pemerintahan dari Yogyakarta ke Jakarta dan namanya diubah menjadi Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) dengan Ketua Dewan Guru Besar dijabat oleh Prof. Mr. Djokosoetono, S.H.

Pada masa Orde Baru terbentuklah AKABRI Bagian Kepolisian sebagai jelmaan dari Akademi Kepolisian. Secara bertahap, sejak awal tahun 1980 bertepatan dengan hari Bhayangkara ke 34, AKABRI Bagian Kepolisian di Semarang diresmikan penggunaanya oleh Drs. Awaloedin Djamin selaku Kapolri Jenderal Polisi. Kemudian Mayjen Pol.R. Soetrasno yang menjabat sebagai Gubernur Akpol dengan dengan Sprin Pangab Nomor : Sprin/07/IV/1984 tanggal 17 juni 1984 tentang Perintah Serah Terima Pengalihan Akabri Bagian Kepolisian berubah nama dan statusnya menjadi Akademi Kepolisian yang berada langsung dibawah Kapolri sesuai dengan Skep Kapolri No.Pol : skep/36/I/1985 tanggal 24 Januari 1985. Dengan dikeluarkannya skep Kapolri No.Pol : Skep/389/IV/1999 tanggal 9 April 1999 tentang Akademi Kepolisian Mandiri, maka sejak tanggal 10 April 1999, Akpol dinyatakan terpisah dari Akmil, AAL dan AAU serta teknis administrasi juga lepas dari Mako Akademi TNI diikuti dengan perubahan logo Akpol pada tanggal 24 Oktober 2003 yang diresmikan oleh Kapolri Jenderal Polisi Da’i Bachtiar

Tak perlu ragu lagi untuk menggunakan Jasa Bimbel TNI dan POLRI yang kami tawarkan. Hanya di Panara Course dijamin Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal. Anda bisa menghubungi kami ke nomor telepon atau whatsapp yang telah tertera. Melalui nomor tersebut, Anda juga bisa menanyakan informasi lebih lanjut terkait jasa yang kami tawarkan. Jadi, tunggu apalagi? Kami siap membantu Anda.

Recent Posts
WA WhatsApp
CALL Call