Profil PT. Pendidikan Abdi Negara

Bimbel Polri-TNI & Kedinasan ini didirikan oleh 2 purn. Jenderal dimana telah memiliki 500+ alumni berprestasi, centang biru asli di Instagram, diliput 10+ media nasional, media pemasaran Youtube 1,6 Juta Subscriber & melayani lebih dari 30+ kota di Indonesia


Program kami spesial untuk level basic, moderate, hingga advance. Jadi cocok untuk yang baru kelas 10 / 11 / 12 hingga yang pernah tes tapi mengalami kegagalan.

Lihat Selengkapnya
0896-6853-8522
Bimbel TNI Polri Terbaik

Ini Dia Syarat Penerimaan STIN 2023, Cek Jadwal & Cara Daftarnya

Selamat datang di website panara.id! Apakah Anda berminat untuk bergabung dengan STIN pada tahun 2023? Jika ya, maka Anda telah datang ke tempat yang tepat. Tujuan kami adalah untuk memberikan panduan lengkap agar Anda dapat mempersiapkan diri dengan baik dan berhasil menjadi bagian dari sekolah tinggi bergengsi ini. Diartikel sebelumnya kami sudah membahas mengenai Bimbel STIN. Di artikel ini, panara.id akan memberikan informasi terperinci mengenai syarat penerimaan, jadwal penting, dan panduan cara mendaftar di STIN.

Syarat Penerimaan STIN 2023

Sebagai calon mahasiswa STIN, Anda perlu memenuhi persyaratan tertentu untuk dapat diterima. Berikut adalah syarat-syarat penerimaan yang harus Anda perhatikan:

1. Kewarganegaraan Indonesia

Persyaratan pertama untuk mendaftar di STIN adalah Anda harus memiliki kewarganegaraan Indonesia yang sah dan berlaku. Ini merupakan ketentuan wajib yang harus dipenuhi oleh setiap calon mahasiswa.

2. Usia dan Pendidikan

Usia juga menjadi faktor penting dalam penerimaan di STIN. Calon mahasiswa harus berusia minimal 17 tahun dan maksimal 23 tahun pada saat pendaftaran. Selain itu, Anda diharapkan telah lulus dari sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat dengan predikat yang memadai.

3. Kesehatan Jasmani dan Rohani

STIN mengutamakan kesehatan jasmani dan rohani para calon mahasiswa. Oleh karena itu, Anda diwajibkan menjalani pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. Pastikan Anda dalam kondisi sehat dan siap mengikuti pendidikan di STIN.

4. Prestasi Akademik dan Non-Akademik

Prestasi akademik dan non-akademik juga akan menjadi pertimbangan dalam proses seleksi. Pencapaian akademik yang gemilang dan partisipasi aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler akan memberikan nilai tambah pada pendaftaran Anda.

5. Tes Seleksi

Setiap calon mahasiswa diwajibkan mengikuti serangkaian tes seleksi yang meliputi tes tulis, wawancara, dan tes kesehatan tambahan. Tes ini bertujuan untuk menilai kemampuan intelektual, potensi, dan kesiapan mental para calon mahasiswa.

Jadwal Penerimaan STIN 2023

Agar Anda tidak ketinggalan informasi penting terkait penerimaan STIN 2023, berikut adalah jadwal yang perlu Anda catat:

1. Pembukaan Pendaftaran

Pembukaan pendaftaran calon mahasiswa STIN dijadwalkan akan dimulai pada tanggal 1 September 2022. Pada tanggal tersebut, situs resmi STIN akan menyediakan formulir pendaftaran online yang harus diisi oleh para calon mahasiswa.

2. Batas Waktu Pendaftaran

Batasi waktu pendaftaran akan ditetapkan hingga tanggal 30 November 2022. Pastikan Anda mengisi dan mengirimkan formulir pendaftaran sebelum batas waktu yang ditentukan agar pendaftaran Anda dapat diproses.

3. Seleksi Calon Mahasiswa

Proses seleksi calon mahasiswa akan dilakukan pada bulan Desember 2022 hingga Januari 2023. Tes tulis dan wawancara akan menjadi bagian dari proses seleksi ini. Jika Anda dinyatakan lolos seleksi tahap ini, Anda akan melanjutkan ke tahap tes kesehatan tambahan.

4. Pengumuman Hasil Seleksi

Pengumuman hasil seleksi akan diumumkan pada bulan Februari 2023. Calon mahasiswa yang dinyatakan diterima akan dapat melihat status penerimaan mereka melalui situs resmi STIN.

Cara Daftar di STIN 2023

Proses pendaftaran di Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) 2023 dapat dilakukan dengan mudah jika Anda mengikuti panduan berikut ini:

1. Kunjungi Situs Resmi STIN

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengakses situs resmi STIN melalui perangkat Anda dengan menggunakan browser. Situs resmi ini menjadi sumber informasi terpercaya yang menyediakan semua informasi terkait penerimaan, jadwal, dan prosedur pendaftaran di STIN. Pastikan Anda mengunjungi situs yang sah dan resmi agar mendapatkan informasi yang akurat dan terkini.

2. Isi Formulir Pendaftaran

Setelah berhasil mengakses situs resmi STIN, carilah dan isi formulir pendaftaran secara online. Isilah formulir tersebut dengan data diri Anda yang akurat dan lengkap. Pastikan semua informasi yang Anda berikan telah terisi dengan benar, termasuk nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan informasi penting lainnya. Informasi yang tidak akurat dapat mempengaruhi kelancaran proses pendaftaran Anda.

3. Lampirkan Dokumen Pendukung

Selanjutnya, Anda perlu mengunggah dokumen-dokumen pendukung yang diminta oleh STIN. Beberapa dokumen yang umumnya diminta adalah fotokopi ijazah SMA atau sederajat, surat keterangan kesehatan, dan sertifikat prestasi yang relevan. Pastikan dokumen-dokumen tersebut sudah diverifikasi dan berada dalam format yang sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh STIN.


Kelengkapan dan kevalidan dokumen pendukung adalah hal yang sangat penting dalam proses seleksi. Pastikan dokumen yang Anda unggah bersih, jelas, dan dapat terbaca dengan baik.

4. Siapkan Diri untuk Seleksi

Setelah berhasil mengisi formulir pendaftaran dan mengunggah dokumen pendukung, Anda akan menghadapi tahap seleksi calon mahasiswa STIN. Seleksi ini mencakup tes tulis dan wawancara yang bertujuan untuk menilai kemampuan intelektual, potensi, dan kesiapan mental calon mahasiswa.


Persiapkan diri dengan sebaik mungkin untuk menghadapi tahap seleksi ini. Anda dapat mencari contoh soal tes tulis dan berlatih menjawab pertanyaan wawancara agar lebih siap menghadapi tes tersebut. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan fisik dan mental Anda selama proses seleksi berlangsung.

5. Pantau Pengumuman Hasil Seleksi

Setelah menjalani tahap seleksi, Anda harus menunggu dengan sabar hingga tanggal pengumuman hasil seleksi. Biasanya, pengumuman ini akan diumumkan melalui situs resmi STIN. Pastikan Anda selalu memantau situs resmi agar tidak melewatkan informasi penting terkait hasil seleksi.


Jika Anda dinyatakan diterima, segera ikuti petunjuk selanjutnya yang akan diberikan oleh pihak STIN untuk proses pendaftaran resmi. Pastikan Anda melengkapi semua persyaratan yang diminta dalam proses pendaftaran agar status Anda sebagai calon mahasiswa di STIN menjadi resmi.


Demikianlah panduan lengkap tentang cara daftar di STIN 2023. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang berminat untuk bergabung dengan syarat penerimaan, jadwal penting, dan panduan cara mendaftar di STIN. Jangan ragu untuk menghubungi pihak STIN jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran. Selamat mencoba dan semoga sukses dalam perjalanan akademik Anda!


Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan memiliki kesempatan untuk bergabung dengan Sekolah Tinggi Intelijen Negara dan mengejar karier yang prestisius di bidang intelijen. Jangan ragu untuk menghubungi pihak STIN jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran. Semoga sukses dalam perjalanan akademik Anda!


*Mohon maaf apabila informasi yang kami sampaikan diatas kurang valid. Kami menyadari betapa pentingnya memberikan informasi yang akurat dan terpercaya kepada pembaca kami. Kami akan selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas dan keakuratan konten yang kami sajikan. Apabila Anda mempunyai informasi / data terbaru mengenai artikel diatas, Anda bisa menghubungi kami melalui no Whatsapp dibawah. Terima kasih atas pengertian dan dukungan Anda.

Program Best Seller!

Artikel Populer