Profil PT. Pendidikan Abdi Negara

Bimbel Polri-TNI & Kedinasan ini didirikan oleh 2 purn. Jenderal dimana telah memiliki 500+ alumni berprestasi, centang biru asli di Instagram, diliput 10+ media nasional, media pemasaran Youtube 1,6 Juta Subscriber & melayani lebih dari 30+ kota di Indonesia


Program kami spesial untuk level basic, moderate, hingga advance. Jadi cocok untuk yang baru kelas 10 / 11 / 12 hingga yang pernah tes tapi mengalami kegagalan.

Lihat Selengkapnya
0896-6853-8522
Bimbel TNI Polri Terbaik

Ini Dia Syarat Penerimaan Poltekip 2023, Cek Jadwal & Cara Daftarnya

Selamat datang di situs resmi Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP)! Jika Anda tertarik untuk bergabung dengan institusi prestisius ini pada tahun 2023, kami menyediakan informasi terperinci mengenai syarat penerimaan, jadwal, dan cara pendaftaran. Dengan artikel ini, kami bertujuan untuk memberikan panduan komprehensif bagi calon mahasiswa baru untuk bergabung dengan Poltekip. Sebelum membaca lebih lanjut mengenai artikel diatas, kami sarankan Anda untuk membaca artikel kami sebelumnya yang membahas tentang Bimbel Poltekip. Tanpa basa-basi lagi langsung saja kita simak penjelasan dibawah ini. Di artikel sebelumnya, kami telah menyampaikan informasi tentang Bimbel Poltekip. Kali ini, dengan bangga, panara.id akan memberikan informasi terbaru seputar Syarat Penerimaan Poltekip 2023 yang pastinya telah dinantikan oleh Anda.

Syarat Penerimaan Poltekip 2023

Kami memahami bahwa setiap calon mahasiswa memiliki impian untuk bergabung dengan Poltekip. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui syarat-syarat yang harus dipenuhi sebelum memulai proses pendaftaran. Berikut adalah persyaratan umum untuk penerimaan di Poltekip tahun 2023:

1. Kewarganegaraan Indonesia

Calon mahasiswa harus memiliki kewarganegaraan Indonesia yang sah dan berlaku. Kewarganegaraan adalah salah satu syarat penting untuk memastikan kesesuaian dengan aturan dan peraturan yang berlaku di institusi kami.

2. Usia dan Pendidikan

Untuk mendaftar di Poltekip, calon mahasiswa harus berusia minimal 17 tahun dan maksimal 23 tahun pada tahun pendaftaran. Selain itu, calon mahasiswa harus lulus dari sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat.

3. Kesehatan Jasmani dan Rohani

Kesehatan jasmani dan rohani adalah hal yang sangat kami perhatikan. Setiap calon mahasiswa harus memenuhi standar kesehatan yang ditetapkan oleh Poltekip. Pemeriksaan kesehatan akan dilakukan selama proses seleksi.

4. Tidak Pernah Terlibat Tindak Kriminal

Kami hanya menerima calon mahasiswa yang memiliki catatan perilaku baik dan tidak pernah terlibat dalam tindak kriminal. Calon mahasiswa diwajibkan untuk melampirkan surat keterangan bebas dari catatan kriminal saat mendaftar.

5. Tes Potensi Akademik (TPA)

Tes Potensi Akademik (TPA) adalah bagian integral dari proses seleksi di Poltekip. Calon mahasiswa harus mengikuti TPA dan mencapai skor yang telah ditentukan untuk lolos seleksi.

Jadwal Penerimaan Poltekip 2023

Agar Anda tidak melewatkan kesempatan untuk mendaftar di Poltekip, berikut adalah jadwal penting yang harus Anda perhatikan:

1. Pembukaan Pendaftaran

Pembukaan pendaftaran untuk Poltekip 2023 dijadwalkan pada tanggal 1 Agustus 2022. Pada tanggal ini, situs resmi kami akan menyediakan formulir pendaftaran online yang dapat diisi oleh calon mahasiswa.

2. Batas Waktu Pendaftaran

Batas waktu pendaftaran dijadwalkan berakhir pada tanggal 30 September 2022. Pastikan Anda mengisi dan mengirimkan formulir pendaftaran sebelum batas waktu yang ditentukan agar pendaftaran Anda dapat diproses.

3. Pengumuman Hasil Seleksi

Pengumuman hasil seleksi akan dilakukan pada tanggal 15 November 2022. Calon mahasiswa yang lolos seleksi akan dapat melihat status penerimaan mereka melalui situs resmi Poltekip.

Cara Daftar di Poltekip 2023

Untuk memudahkan Anda dalam proses pendaftaran di Poltekip tahun 2023, berikut adalah panduan langkah demi langkah yang harus Anda ikuti:


Untuk memudahkan Anda dalam proses pendaftaran di Poltekip tahun 2023, kami telah menyusun panduan langkah demi langkah yang harus Anda ikuti. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk berhasil diterima di Poltekip yang prestisius.

1. Kunjungi Situs Resmi Poltekip

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengakses situs resmi Poltekip melalui browser di perangkat Anda. Situs ini merupakan sumber utama informasi terkini tentang proses penerimaan, jadwal, dan prosedur pendaftaran. Pastikan Anda mengunjungi situs resmi yang sah dan terpercaya agar mendapatkan informasi yang akurat.

2. Isi Formulir Pendaftaran

Setelah mengakses situs resmi, Anda akan menemukan formulir pendaftaran online. Formulir ini merupakan tahapan awal untuk mendaftar sebagai calon mahasiswa di Poltekip. Pastikan Anda mengisi formulir dengan teliti dan menyertakan informasi pribadi Anda secara akurat dan lengkap. Data yang tidak akurat atau terisi secara tidak lengkap dapat berdampak pada proses seleksi Anda.

3. Unggah Dokumen Pendukung

Langkah selanjutnya adalah melampirkan dokumen-dokumen pendukung yang diperlukan. Beberapa dokumen yang umumnya diminta antara lain adalah fotokopi ijazah SMA atau sederajat, surat keterangan kesehatan, dan surat keterangan bebas dari catatan kriminal. Pastikan Anda memiliki dokumen-dokumen ini dalam bentuk digital yang sesuai dengan format yang diminta oleh situs pendaftaran.


Penting untuk diperhatikan bahwa kelengkapan dokumen pendukung adalah hal yang sangat penting dalam proses seleksi. Pastikan dokumen yang Anda unggah jelas, terbaca dengan baik, dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Poltekip.

4. Ikuti Tes Potensi Akademik (TPA)

Setelah formulir pendaftaran Anda diterima dan dokumen pendukung telah diunggah, Anda akan mendapatkan undangan untuk mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA). TPA adalah tahap seleksi yang krusial dan akan mengukur kemampuan akademik calon mahasiswa.


Persiapkan diri dengan baik sebelum mengikuti TPA. Anda dapat mencari contoh soal TPA atau mengikuti pelatihan khusus untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam menghadapi tes ini. Jangan lupa untuk memperhatikan waktu dan tempat pelaksanaan TPA yang akan diinformasikan melalui situs resmi Poltekip.

5. Pantau Pengumuman Hasil Seleksi

Setelah mengikuti TPA, tunggu dengan sabar hingga tanggal 15 November 2022 untuk pengumuman hasil seleksi. Biasanya, pengumuman ini akan diumumkan melalui situs resmi Poltekip. Pastikan Anda selalu memantau situs resmi agar tidak melewatkan informasi penting terkait hasil seleksi.


Jika Anda dinyatakan lolos seleksi, segera ikuti instruksi Syarat Penerimaan Poltekip 2023 yang akan diberikan oleh pihak Poltekip untuk proses pendaftaran resmi. Pastikan Anda melengkapi semua persyaratan yang diminta dalam proses pendaftaran agar status Anda sebagai calon mahasiswa di Poltekip menjadi resmi.


Selamat mencoba dan semoga sukses dalam perjalanan menuju Politeknik Teknologi Kepolisian! Jangan ragu untuk menghubungi pihak Poltekip jika Anda membutuhkan bantuan atau informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran. Jangan lupa juga untuk terus memantau situs resmi Poltekip untuk mendapatkan berita terkini seputar penerimaan tahun 2023.


*Mohon maaf apabila informasi yang kami sampaikan diatas kurang valid. Kami menyadari betapa pentingnya memberikan informasi yang akurat dan terpercaya kepada pembaca kami. Kami akan selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas dan keakuratan konten yang kami sajikan. Apabila Anda mempunyai informasi / data terbaru mengenai artikel diatas, Anda bisa menghubungi kami melalui no Whatsapp dibawah. Terima kasih atas pengertian dan dukungan Anda.

Program Best Seller!

Artikel Populer