BERIKUT PANGKAT TARUNA AKPOL

BERIKUT PANGKAT TARUNA AKPOL

Hari yang begitu cerah pastinya tidak akan pas jika suasana hati Anda mendung akibat belum menemukan solusi dari masalah Anda. Yakin saja, semua ada solusinya, dan solusi tersebut ada di hadapan Anda kini. Ya, website Panara Course adalah website yang menyajikan beragam informasi menarik mengenai Jasa Bimbel TNI dan POLRI. Selain mendapatkan informasi yang bermanfaat, Anda juga mendapatkan solusi dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang oke! Langsung saja cek ulasannya!

Akademi Kepolisian Republik Indonesia (Polri) merupakan lembaga pendidikan yang berfokus untuk mencetak generasi kepolisian RI. Dalam menembuh masa pendidikan di Akpol, taruna akan menyandang berbagai pangkat sebelum dilantik resmi menjadi seorang Akpol. Berikut pangkat yang akan disandang oleh taruna selama menjalani masa pendidikannya.

Pangkat tahun pertama

Pada tahun pertama, taruna akan menyandang pangkat Calon Bhayangkara Taruna (Cabhatar). Pangkat Cabhatar ini akan disandang selama 4 bulan pada awal semester saat Dikcandrabhata. Dalam bahasa Inggris Cabhatar sering disebut dengan Cadet Enlisted Candidate. Setelah melewati 4 bulan masa pendidikan, taruna akan naik pangkat selanjutnya yaitu Bhayangkara Dua Taruna (Bharadatar) yang biasanya ditempuh pada akhir semester 1 yaitu selama 2 bulan. Dalam bahasa Inggris Bharadatar sering disebut dengan Cadet Enlisted Second Class. Memasuki semester kedua, taruna akan meraih pangkat baru yaitu Bhayangkara Satu Taruna (Bharatutar). Bharatutar dalam bahasa Inggris sering disebut Cadet Enlisted First Class yang akan ditempuh selama 6 bulan masa pendidikan.

Pangkat tahun kedua

Pada tahun kedua ini taruna akan memiliki pangkat Brigadir Dua Taruna. Nah, Brigadir Dua Taruna ini disandang selama dua semester yaitu pada semester ke-3 masa pendidikan akan menempuh 20 SKS dan pada semester ke-4 akan menempuh 22 SKS. Dalam bahasa Inggris, Brigadir Dua Taruna atau Brigdatar disebut dengan Cadet Brigadier Second Class.

Pangkat tahun ketiga

Setelah menjalani dua tahun masa pendidikan, taruna akan meraih pangkat Brigadir Satu Taruna (Brigtutar). Pangkat Brigtutar ini juga dijalani selama satu tahun dengan rincian semester V akan menempuh 21 SKS sedangkan semester VI akan menempuh 22 SKS. Dalam bahas Inggris Brigtutar disebut dengan Cadet Brigadier First Class.

Pangkat tahun keempat

Di akhir masa pendidikan, setelah menempuh tiga tahun pendidikan taruna akan menyandang pangkat Brigadir Taruna (Brigtar). Ketika menyandang Brigtar, taruna harus mempersiapkan diri sebelum dilantik dan siap menjadi bagian dari Polri. Dalam satu tahun ini akan terdiri dari dua semester, pada semester 7 taruna akan menempuh 21 SKS sedangkan semester 8 akan menempuh 4 SKS. Dalam bahasa Inggris Brigtar disebut dengan Cadet Brigadier. Pada tahun terakhir ini taruna harus bersungguh-sungguh dalam menempuh masa pendidikan karena merupakan waktu terakhir sebelum terjun menjadi bagian Kepolisian Republik Indonesia.

Setelah menjalani 4 tahun masa pendidikan, taruna akan lulus dan mendapat pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda). Selain itu, taruna akan mendapat gelar Sarjana Ilmu Kepolisian (S.Ik). Nantinya, setelah lulus langkah taruna selanjutnya yaitu menjalani ikatan dinas pertama (IDP) dengan jangka waktu 10 tahun masa ikatan dinas dan dihitung sejak diangkat menjadi Perwira Polri.

Terima kasih karena Anda telah memilih berkunjung ke website Panara Course untuk mencari solusi atas permasalahan Anda. Langkah selanjutnya adalah silahkan hubungi kami di nomor yang telah tertera. Tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan. Percayakan masalah anda mengenai Jasa Bimbel TNI dan POLRI pada kami. Karena memang kami solusi tepat untuk Anda. Jadi, jangan tunggu lama-lama dan lihat hasilnya!

Recent Posts
WA WhatsApp
CALL Call