INILAH PERBEDAAN TNI DAN POLISI DALAM STATUS KEDUDUKANNYA

INILAH PERBEDAAN TNI DAN POLISI DALAM STATUS KEDUDUKANNYA

Tidur Anda tidak tenang? Kenapa begitu? Mungkin karena Anda belum menemukan solusi dari masalah Anda. Kini tak perlu khawatir dan bingung, karena Anda sudah mendarat di websiteyang tapat. Di Panara Course ahlinya dalam menyediakan informasi-informasi menarik seputar Jasa Bimbel TNI dan POLRI. Mungkin setelah membaca artikel di bawah, pikiran Anda akan berubah. Pasti Anda tidak sabar kan? Baik, kalau begitu kami persilahkan Anda untuk menggeser halaman ini dan menemukan apa yang Anda cari selama ini. Selamat membaca!

TNI dan Polri merupakan abdi negara yang sama-sama bekerja untuk pemerintahan dan sebagai perwujudan bela negara dalam pertahanan dan keamanan. TNI dan Polri ini memikul tanggung jawab untuk melindungi dan menegakkan negara. Namun, tahukah kalian bawa TNI dan Polisi memiliki perbedaan dalam status kedudukannya? Berikut perbedaan dan fungsi yang membedakkan keduanya!

Tugas dan Fungsi TNI

TNI sebagai alat pertahanan negara memiliki tugas dan fungsi sebagai berikut.

Tugas :

1. Penangkal terhadap ancaman bagi kedaulatan, keutuhan, dan keselamatan bangsa Indonesia baik itu dalam bentuk ancaman militer ataupun ancaman bersenjata yang berasal dari dalam dan luar negeri.

2. Sebagai penindak lanjut terkait ancaman yang bisa mengganggu kedaulatan, keutuhan, dan keselamatan bangsa Indonesia baik dalam bentuk ancaman militer ataupun bersenjata yang berasal dari dalam atau luar negeri.

3. Sebagai pemulih kondisi keamanan negara Republik Indonesia yang terganggu akibat adanya kekacauan yang mengganggu keamanan.

Fungsi :

1. Menegakkan kedaulatan Negara.

2. Mempertahankan keutuhan wilayah negara Republik Indonesia berdasarkan pancasila dan Undang-Undang Dasar tahun 1945.

3. Melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia dari segala ancaman atau gangguan yang bisa membahayakan keutuhan bangsa.

Tugas dan fungsi Polri

Polri berfungsi untuk menjaga keamanan dalam negeri dengan beberapa tugas sebagai berikut:

1. Melaksanakan pengaturan, penjagaan, pengawalan, dan patroli terkait kegiatan masyarakat dan pemerintah sesuai kebutuhan.

2. Menyelenggarakan segala kegiatan dalam menjamin keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas di jalan.

3. Membina masyarakat buat meningkatkan partisipasi, kesadaran hukum, dan ketaatan terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan.

4. Ikut serta dalam pembinaan hukum nasional.

5. Memelihara ketertiban dan menjamin keamanan umum.

6. Melakukan koordinasi, pengawasan, dan pembinaan teknis terhadap kepolisian khusus, penyidik pegawai negeri sipil, dan bentuk-bentuk pengamanan swakarsa.

7. Melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap semua tindak pidana sesuai dengan hukum acara pidana dan peraturan perundang-undangan lainnya.

8. Menyelenggarakan identifikasi kepolisian, kedokteran kepolisian, laboratorium forensik dan psikologi kepolisian buat kepentingan tugas kepolisian

9. Melindungi keselamatan jiwa raga, harta benda, masyarakat, dan lingkungan hidup dari gangguan ketertiban dan/atau bencana termasuk memberikan bantuan dan pertolongan dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia.

10. Melayani kepentingan warga masyarakat buat sementara sebelum ditangani oleh instansi dan/atau pihak yang berwenang.

11. Memberikan pelayanan pada masyarakat sesuai dengan kepentingannya dalam lingkup tugas kepolisian dan melaksanakan tugas lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Nah, dari berbagai sudah terlihat bukan perbedaan di antara keduanya? TNI (Tentara Nasional Indonesia) terbagi menjadi tiga yaitu angkatan darat, angkatan udara, dan angkatan laut yang merupakan kesatuan prajurit yang tergabung dalam angkatan perang yang dimiliki oleh pemerintahan Indonesia. Sedangkan Polri adalah Kepolisian Nasional Negara Indonesia yang mempunyai tanggungjawab langsung di bawah seorang presiden yaitu menjaga keamanan dan ketertiban dalam masyarakat.

Jasa yang telah kami jabarkan merupakan Jasa Bimbel TNI dan POLRI unggulan. Yakin Anda akan melewatkannya? Apakah Anda tidak takut menyesal, sudah melewatkan kesempatan terbaik ini? Karena penyesalan selalu datang terlambat, maka lebih baik Anda hubungi kami Panara Course di nomor telepon yang telah tertera untuk bekerjasama dengan kami.Kami tunggu kerjasama Anda.

Recent Posts
WA WhatsApp
CALL Call