Profil PT. Pendidikan Abdi Negara

Bimbel Polri-TNI & Kedinasan ini didirikan oleh 2 purn. Jenderal dimana telah memiliki 500+ alumni berprestasi, centang biru asli di Instagram, diliput 10+ media nasional, media pemasaran Youtube 1,6 Juta Subscriber & melayani lebih dari 30+ kota di Indonesia


Program kami spesial untuk level basic, moderate, hingga advance. Jadi cocok untuk yang baru kelas 10 / 11 / 12 hingga yang pernah tes tapi mengalami kegagalan.

Lihat Selengkapnya
0896-6853-8522
Bimbel TNI Polri Terbaik

BINGUNG PANGKAT KEPOLISIAN? SIMAK ULASAN BERIKUT INI!

Apa kabar pembaca semua? Bagaimana hari-hari Anda? Apa ada sesuatu yang mengganggu Anda? Apakah itu karena Anda binggung mencari Jasa Bimbel TNI dan POLRI yang terpercaya. Jika iya, jangan khawatir karena disini Anda akan menemukan jawaban solusi dari masalah Anda. Segera komunikasikan masalah Anda dengan kami Panara Course, karena sesuatu yang dipendam sendiri bukanlah sesuatu yang baik. Daripada lama-lama lagi, silahkan simak ulasan di bawah ini dan jangan lewatkan satu informasi sekali pun.

Sejak tahun 2002 pangkat polisi dipisahkan dari pangkat TNI. Pangkat polisi ini juga memiliki nama dan urutan di setiap unsur jabatan. Pangkat dapat diperoleh dari lamanya mengabdi, prestasi, atau assesment yang didapatkan. Semua tanda pangkat polisi diberikan pada anggota Polri, Perwira, Bintara, bahkan Tamtama. Berikut adalah pangkat kepolisian yang dilansir dari web resmi polri :

1. Jenderal Polisi

Merupakan pangkat tertinggi di kepolisian Republik Indonesia. Lambang yang diberikan adalah bintang 4 berwarna emas, pengkat ini disanding oleh TB 1 atau Kapolri selaku pimpinan tertinggi di organisasi kepolisian.

2. Komjenpol (Komisaris Jenderal Polisi)

Pangkat Komisaris Jendral Polisi merupakan pangkat ke-2 tertinggi di kepolisian, dan setara dengan Letjen atau letnan jendral di TNI. Tanda pangkat yang diberikan adalah bintang 3 berwarna emas.

3. Irjenpol (Insperktur Jenderal Polisi)

Pangkat Inspektur Jenderal Polisi merupakan pangkat tertinggi nomor 3 di kepolisian, pangkat Irjenpol setara dengan Mayjen atau Mayor Jendral di TNI. Pangkat yang disematkan adalah bintang 2 warna emas.

4. Brigjenpol (Brigadir Jendral Polisi)

Pangkat Brigadir Jendral Polisi merupakan pangkat tertinggi ke-4 di kepolisian RI, pangkat ini memimpin polda dengan tipe B atau biro setingkat mabes polri. Tanda pangkat yang diberikan adalah bintang satu.

Tingkat Perwira Menengah :

5. Kombes (Komisaris Besar)

Komisaris besar merupakan pangkat tertinggi ke-5 di kepolisian atau tertinggi di golongan Perwira Menengah. Tanda pangkat kombes adalah 3 bunga bersudut 5, atau melati 3.

6. AKBP (Ajun Komisaris Besar Polisi)

Pangkat AKBP setara dengan pangkat Letkol atau letnan kolonel di militer. Tanda pangkatnya 2 bunga bersudut 5 atau melati 2.

7. KOMPOL (Komisaris Polisi)

Pangkat Komisaris Polisi sama dengan Mayor di TNI, lambangnya adalah melati 1.

Tingkat Perwira Pertama :

8. AKP (Ajun Komisaris Polisi)

Pangkat Ajun Komisaris Polisi adalah perwira pertama tingkat tiga Polri, dan setara dengan pangkat kapten di TNI. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah tiga balik berwarna emas.

9. IPTU (Inspektur Polisi Satu)

Inspektur Polisi satu adalah perwira pertama tingkat dua Polri, yang setara dengan pangkat Lettu atau letnan satu di TNI. Tanda dari pangkat IPTU adalah dua balok berwarna emas.

10. IPDA (Inspektur Polisi Dua)

Pangkat IPDA setara dengan letnan dua di TNI, pangkat IPDA merupakan pangkat pertama atau terendah di Golongan Perwira Pertama atau PAMA. Tanda pangkat IPDA adalah satu balok berwarna emas.

Tingkat Bintara:

11. Aiptu (Ajun Inspektur Polisi Satu)

Pangkat AIPTU merupakan pangkat tertinggi di jenjang Bintara, setara dengan pangkat Peltu atau Pembantu Letnan satu di TNI. Pangkat AIPTU mempunyai tanda kepangkatan 2 buah segitiga bersambung menyerupai huruf M berwarna perak.

12. Aipda (Ajun Inspektur Polisi Dua)

Ajun Inspektur Polisi Dua, pangkat ini setara dengan Pelda atau pembantu letnan 2 di TNI. Tanda pangkat ini adalah 1 buah segitiga bersambung berwarna perak.

13. Bripka (Brigadir Polisi Kepala)

Brigadir Polisi Kepala adalah pangkat tertinggi dalam jajaran pangkat Bintara Polri, pangkat ini setara dengan Sersan Mayor di TNI. Tanda pangat BRIPKA adalah 4 segitiga bersusun berwarna perak.

14. Brigpol (Brigadir Polisi)

Pangkat Brigadir Polisi, setara dengan Sersan Kepala di militer. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah tiga buah segitiga bersusun berwarna perak.

15. Briptu (Brigadir Polisi Satu)

Brigadir Polisi satu berada di atas pangkat Brigadir polisi dua dan di bawah Brigadi polisi, pangkat Briptu setara dengan sersan satu di TNI. Tanda kepangkatan Briptu adalah dua segitiga bersusun yang berwarna perak.

16. Bripda (Brigadir Polisi Dua)

Pangkat Brigadir Polisi Dua merupakan pangkat terendah yang ada di jenjang Bintara. Pangkat ini setara dengan sersan dua, dan mempunyai tanda kepangkatan 1 buah segitiga perak.

Tingkat Tamtama:

17. Abrip (Ajun Brigadir Polisi)

Ajun Brigadir Polisi adalah Tamtama tingkat satu Polri. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah tiga buah segitiga berwarna merah.

18. Abriptu (Ajun Brigadir Polisi Satu)

Ajun Brigadir Polisi Satu merupakan Tamtaman tingkat satu Polri. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah dua buah seitiga berwarna merah.

19. Abripda (Ajun Brigadir Polisi Dua)

Ajun Brigadir Polisi Dua merupakan Tamtama tingkat satu Polri. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah satu buah segitiga berwarna merah.

20. Bharaka (Bhayangkara Kepala)

Bhayangkara Kepala merupakan Tamtama tingkat satu Polri, dan tanda pangkatnya adalah tiga buah garis miring berwarna merah.

21. Bharatu (Bhayangkara Satu)

Bhayangkara Satu merupakan Tamtama tingkat satu Polri. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah dua buah garis miring berwarna merah.

22. Bharada (Bhayangkara Dua)

Bhayangkara dua merupakan Tamtama tingkat satu Polri. Lambang kepangkatan yang dipakai adalah satu buah garis miring berwarna merah.

Nah itulah pangkat kepolisian. Sudah tidak bingung lagi bukan?

Apa lagi yang Anda Tunggu? Anda pasti ingin segera mendapat solusi dari masalah Anda bukan? Langsung hubungi kami Panara Course di nomor telepon yang telah tertera dan daftarkan diri Anda sekarang juga. Karena kami ahlinya dalam Jasa Bimbingan TNI dan POLRI.

Program Best Seller!

Artikel Populer