Profil PT. Pendidikan Abdi Negara

Bimbel Polri-TNI & Kedinasan ini didirikan oleh 2 purn. Jenderal dimana telah memiliki 500+ alumni berprestasi, centang biru asli di Instagram, diliput 10+ media nasional, media pemasaran Youtube 1,6 Juta Subscriber & melayani lebih dari 30+ kota di Indonesia


Program kami spesial untuk level basic, moderate, hingga advance. Jadi cocok untuk yang baru kelas 10 / 11 / 12 hingga yang pernah tes tapi mengalami kegagalan.

Lihat Selengkapnya
0896-6853-8522
Bimbel TNI Polri Terbaik

Syarat Penerimaan Tamtama TNI AU AD AL 2023, Jadwal & Cara Daftarnya

Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (TNI) adalah salah satu institusi penting dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan negara. Bagi mereka yang memiliki semangat patriotisme dan ingin berkarier di bidang militer, menjadi bagian dari TNI menjadi pilihan menarik. Di dalam TNI terdapat tiga angkatan utama, yaitu Angkatan Udara (TNI AU), Angkatan Darat (TNI AD), dan Angkatan Laut (TNI AL). Bagi calon anggota yang ingin bergabung sebagai tamtama di TNI AU, AD, atau AL, terdapat persyaratan khusus yang harus dipenuhi. Artikel ini akan membahas secara rinci tentang syarat penerimaan tamtama di ketiga angkatan TNI, serta memberikan gambaran tentang proses seleksi dan persiapan yang perlu dilakukan oleh calon anggota.

Mengenal Tamtama TNI AU, AD, dan AL

Tamtama adalah jenjang karier di TNI yang merupakan bagian dari prajurit bintara. Tamtama bertugas sebagai pelaksana tugas-tugas lapangan dan memiliki peran yang strategis dalam mendukung tugas operasional TNI. Mereka adalah tulang punggung TNI yang berada di garis depan dalam menjalankan misi militer.


Jadwal Penerimaan Tamtama TNI AU, AD, dan AL


- Pendaftaran Tamtama TNI AU telah dimulai pada tanggal 22 Mei 2023 dan berakhir pada tanggal 30 Juni 2023.

- Gelombang 2 pendaftaran Tamtama TNI AD tahun 2023 telah dibuka sejak tanggal 1 Juni 2023 hingga 8 September 2023. Untuk mendaftar pada Gelombang 2 Tamtama TNI AD TA 2023, dapat diakses melalui situs web https://ad.rekrutmen-tni.mil.id.

- Pendaftaran Tamtama TNI AU telah dimulai sejak tanggal 4 Juli dan akan berlangsung hingga tanggal 7 Agustus 2023.


Syarat Umum Penerimaan Tamtama TNI AU, AD, dan AL


Meskipun terdapat perbedaan dalam pangkat tamtama antara TNI AU, AD, dan AL, terdapat beberapa syarat umum penerimaan tamtama yang harus dipenuhi oleh calon anggota di ketiga angkatan. Berikut adalah syarat-syarat umum tersebut:


a. Warga Negara Indonesia (WNI)

Calon anggota tamtama di TNI AU, AD, dan AL harus berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI). Kewarganegaraan adalah salah satu syarat paling mendasar karena TNI bertugas untuk melindungi kedaulatan dan keutuhan negara.


b. Pendidikan Minimal

Tamtama di ketiga angkatan TNI harus memiliki ijazah atau surat keterangan lulus dari Sekolah Dasar (SD) atau sederajat. Syarat pendidikan minimal ini bertujuan untuk memastikan calon anggota memiliki pemahaman dasar yang cukup dalam membaca, menulis, dan berhitung.

c. Usia


Usia calon anggota tamtama di TNI AU, AD, dan AL juga menjadi pertimbangan. Biasanya, calon anggota harus berusia antara 18 hingga 25 tahun. Namun, batas usia ini dapat berbeda-beda tergantung pada kebijakan dari masing-masing angkatan.


d. Status Perkawinan

Dalam beberapa kasus, ada persyaratan terkait status perkawinan bagi calon anggota tamtama. Beberapa angkatan TNI mengizinkan calon anggota yang sudah menikah, namun ada juga yang membatasi untuk calon anggota yang belum menikah.

e. Tinggi Badan dan Berat Badan

Ketentuan mengenai tinggi badan dan berat badan juga harus dipenuhi oleh calon anggota tamtama. Setiap angkatan TNI memiliki standar yang berbeda untuk tinggi badan dan berat badan, sehingga disarankan untuk memeriksa informasi terbaru dari masing-masing angkatan.


f. Tidak Bertato dan Bertindik

Tamtama di TNI AU, AD, dan AL biasanya dilarang memiliki tato atau tindik. Hal ini adalah salah satu syarat yang dimaksudkan untuk menjaga kesatuan dan kekompakan dalam angkatan TNI.


g. Sehat Jasmani dan Rohani

Calon anggota tamtama harus menjalani pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh untuk memastikan bahwa mereka dalam kondisi jasmani dan rohani yang memadai untuk mengikuti pelatihan militer.


h. Tidak Terlibat Narkoba dan Pelanggaran Hukum Lainnya

Calon anggota tamtama harus bebas dari penyalahgunaan narkoba dan tidak pernah terlibat dalam pelanggaran hukum serius.


Proses Seleksi Penerimaan Tamtama TNI AU, AD, dan AL

Proses seleksi penerimaan tamtama di TNI AU, AD, dan AL dilakukan dengan ketat dan berlapis-lapis untuk memastikan bahwa calon anggota yang diterima memiliki kemampuan, komitmen, dan semangat yang sesuai dengan tuntutan tugas di militer. Berikut adalah tahapan proses seleksi penerimaan tamtama di ketiga angkatan TNI:


a. Pendaftaran


Tahap pertama dalam proses seleksi adalah pendaftaran. Calon anggota harus mengisi formulir pendaftaran yang disediakan oleh masing-masing angkatan TNI. Selain itu, calon anggota juga harus melampirkan berkas-berkas pendukung, seperti fotokopi ijazah, kartu identitas, dan surat keterangan sehat.


b. Tes Kemampuan Dasar


Setelah mendaftar, calon anggota akan mengikuti tes kemampuan dasar yang mencakup tes akademik, psikologi, dan fisik. Tes akademik bertujuan untuk mengukur kemampuan calon anggota dalam bidang pelajaran dasar seperti matematika, bahasa Indonesia, dan pengetahuan umum. Tes psikologi digunakan untuk menilai kepribadian, kecerdasan emosional, dan stabilitas emosi calon anggota. Sedangkan tes fisik meliputi tes daya tahan fisik dan kemampuan olahraga lainnya.


c. Tes Kesehatan


Calon anggota tamtama harus menjalani pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. Pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan bahwa calon anggota bebas dari penyakit atau gangguan kesehatan yang dapat mengganggu kinerja mereka di lapangan.


d. Wawancara


Tahap wawancara dilakukan untuk menilai motivasi, semangat, dan komitmen calon anggota terhadap karier di militer. Para penguji akan menanyakan alasan calon anggota memilih menjadi tamtama di TNI dan mengapa mereka ingin bergabung dengan angkatan TNI tertentu.


e. Pengumuman Hasil Seleksi


Setelah melalui semua tahapan seleksi, pengumuman hasil seleksi akan diumumkan oleh masing-masing angkatan TNI. Calon anggota yang lulus seleksi akan diundang untuk mengikuti pendidikan militer di sekolah militer atau pusdik militer yang ditunjuk.


f. Pendidikan Militer


Setelah diterima, calon anggota akan mengikuti pendidikan militer di sekolah militer atau pusdik militer selama beberapa bulan. Pendidikan militer bertujuan untuk melatih calon anggota dalam bidang kemiliteran, termasuk kedisiplinan, keterampilan tempur, taktik militer, dan etika militer.


g. Pelantikan


Setelah menyelesaikan pendidikan militer, calon anggota yang telah lulus akan dilantik menjadi tamtama di TNI AU, AD, atau AL. Pelantikan ini merupakan momen penting dalam karier militer mereka, di mana mereka secara resmi menjadi anggota TNI dan mengenakan seragam dinas militer.

h. Pendidikan Lanjutan dan Pengembangan Karier


Setelah menjadi anggota tamtama, peluang untuk mengikuti pendidikan lanjutan dan mengembangkan karier di militer tetap terbuka. TNI memberikan kesempatan bagi anggotanya untuk mengikuti berbagai kursus dan pelatihan yang dapat meningkatkan kualifikasi dan kemampuan mereka di berbagai bidang.


Persiapan Menghadapi Seleksi Tamtama TNI AU, AD, dan AL

Menghadapi proses seleksi tamtama TNI membutuhkan persiapan yang matang. Berikut adalah beberapa tips untuk persiapan menghadapi seleksi:


a. Menjaga Kondisi Fisik


Kesiapan fisik adalah hal yang penting dalam menghadapi tes fisik dan pendidikan militer. Latihan fisik secara teratur untuk meningkatkan daya tahan dan kebugaran tubuh Anda.


b. Meningkatkan Pengetahuan Akademik


Menjaga pengetahuan akademik Anda dalam bidang pelajaran dasar seperti matematika dan bahasa Indonesia akan membantu Anda menghadapi tes kemampuan dasar.


c. Mempersiapkan Materi Tes


Cari tahu materi dan contoh soal tes akademik, psikologi, dan fisik yang sering muncul dalam seleksi tamtama TNI. Berlatih dengan soal-soal tersebut akan membantu Anda lebih siap menghadapi tes seleksi.


d. Memahami Motivasi dan Tujuan Karir


Persiapan mental juga penting dalam menghadapi wawancara. Memahami motivasi dan tujuan karir Anda di militer akan membantu Anda menjawab pertanyaan wawancara dengan percaya diri dan jelas.


e. Berlatih Kedisiplinan dan Etika Militer

Kedisiplinan dan etika militer adalah nilai-nilai yang sangat dihargai di TNI. Berlatih menjadi disiplin dan menghormati aturan militer akan meningkatkan citra Anda sebagai calon anggota yang potensial.



Syarat penerimaan tamtama di TNI AU, AD, dan AL memastikan bahwa calon anggota yang diterima memiliki kualifikasi dan semangat yang sesuai dengan tuntutan tugas di militer. Proses seleksi yang ketat dan berlapis-lapis memastikan bahwa hanya calon anggota terbaik yang diterima untuk menjadi bagian dari TNI. Dengan persiapan yang matang dan semangat yang kuat, calon anggota memiliki peluang besar untuk membangun karier yang gemilang dan membela kedaulatan serta keutuhan negara melalui karier di militer Indonesia.


Semoga melalui artikel ini, para calon anggota TNI yang berminat untuk bergabung sebagai tamtama di TNI AU, AD, atau AL dapat memahami dengan baik persyaratan penerimaan dan proses seleksi yang harus dilalui. Dengan semangat patriotisme dan dedikasi, diharapkan mereka dapat menjadi bagian yang berkontribusi dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan negara melalui karier mereka di Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (TNI).


*Mohon maaf apabila informasi yang kami sampaikan diatas kurang valid. Kami menyadari betapa pentingnya memberikan informasi yang akurat dan terpercaya kepada pembaca kami. Kami akan selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas dan keakuratan konten yang kami sajikan. Apabila Anda mempunyai informasi / data terbaru mengenai artikel diatas, Anda bisa menghubungi kami melalui no Whatsapp dibawah. Terima kasih atas pengertian dan dukungan Anda.

Program Best Seller!

Artikel Populer