Profil PT. Pendidikan Abdi Negara

Bimbel Polri-TNI & Kedinasan ini didirikan oleh 2 purn. Jenderal dimana telah memiliki 500+ alumni berprestasi, centang biru asli di Instagram, diliput 10+ media nasional, media pemasaran Youtube 1,6 Juta Subscriber & melayani lebih dari 30+ kota di Indonesia


Program kami spesial untuk level basic, moderate, hingga advance. Jadi cocok untuk yang baru kelas 10 / 11 / 12 hingga yang pernah tes tapi mengalami kegagalan.

Lihat Selengkapnya
0896-6853-8522
Bimbel TNI Polri Terbaik

Info Pendaftaran, Syarat Masuk Bintara TNI AL, AD, AU dan Kuota Per Provinsi 2023

Selamat datang di sumber informasi resmi kami! Artikel ini akan memberikan panduan lengkap mengenai pendaftaran dan syarat masuk Bintara TNI Angkatan Laut (AL), Angkatan Darat (AD), dan Angkatan Udara (AU) tahun 2023. Kami berharap informasi ini dapat membantu Anda yang berminat untuk bergabung dengan Bintara TNI dalam mewujudkan cita-cita sebagai seorang prajurit yang bertanggung jawab dan berkualitas. Jika sebelumnya kami telah memberikan informasi tentang Apakah Masuk TNI Harus Bayar?, maka kali ini dengan senang hati kami akan memberikan informasi terbaru mengenai Syarat Masuk Bintara TNI AL, AD, AU yang telah Anda nantikan.

Pendaftaran dan Persyaratan Umum

Pendaftaran calon Bintara TNI AL, AD, dan AU tahun 2023 akan segera dibuka. Agar Anda dapat mengikuti proses pendaftaran ini dengan lancar, ada beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi, di antaranya:

1. Kewarganegaraan Indonesia

Sebagai syarat utama, calon Bintara TNI harus menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) yang sah. Kewarganegaraan yang jelas menjadi hal yang krusial mengingat peran strategis Bintara TNI dalam menjaga kedaulatan dan keamanan negara.

2. Usia yang Memenuhi Kriteria

Setiap calon Bintara TNI harus memenuhi batasan usia yang telah ditentukan oleh setiap angkatan. Untuk angkatan darat dan angkatan laut, usia calon Bintara umumnya berkisar antara 17 hingga 23 tahun pada tanggal 1 Januari 2023. Sementara itu, angkatan udara biasanya memberikan batasan usia antara 17 hingga 22 tahun.

3. Kesehatan Jasmani dan Rohani yang Baik

Kesehatan jasmani dan rohani menjadi faktor kritis dalam seleksi calon Bintara TNI. Calon diwajibkan untuk menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan untuk memastikan bahwa mereka berada dalam kondisi fisik dan mental yang baik, mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan optimal.

4. Pendidikan Minimal

Pendidikan minimal yang harus dimiliki calon Bintara adalah lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat. Prestasi akademis yang baik dapat memberikan nilai tambah pada proses seleksi.

5. Bebas dari Narkoba

Calon Bintara TNI wajib menandatangani pernyataan untuk tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkoba. Narkoba dapat merusak citra dan moralitas seorang prajurit, sehingga TNI memberlakukan aturan ketat dalam hal ini.

Syarat Masuk Bintara TNI AL

1. Pendidikan Formal

Calon Bintara TNI AL harus lulusan SMA atau sederajat. Tingkat prestasi akademis yang baik akan menjadi nilai tambah dalam seleksi penerimaan.

2. Tes Kesehatan dan Kebugaran

Tes kesehatan dan kebugaran menjadi bagian penting dalam seleksi calon Bintara TNI AL. Pastikan Anda dalam kondisi fisik yang prima dan bebas dari gangguan kesehatan yang dapat menghambat pelatihan militer.

3. Tes Psikologi

Tes psikologi akan menilai aspek-aspek seperti stabilitas emosi, kecerdasan emosional, dan kemampuan beradaptasi dalam lingkungan militer. Persiapkan diri Anda dengan matang untuk menghadapi tes ini.

Syarat Masuk Bintara TNI AD

1. Pendidikan Formal

Calon Bintara TNI AD harus lulusan SMA atau sederajat. Prestasi akademis yang baik akan menjadi nilai tambah dalam seleksi penerimaan.

2. Tes Kesehatan dan Kebugaran

Tes kesehatan dan kebugaran menjadi bagian penting dalam seleksi calon Bintara TNI AD. Pastikan Anda dalam kondisi fisik yang prima dan bebas dari gangguan kesehatan yang dapat menghambat proses pelatihan militer.

3. Tes Psikologi

Tes psikologi akan menilai ketangguhan mental, kemampuan beradaptasi, dan potensi kepemimpinan. Persiapkan diri dengan baik untuk menghadapi tes ini.

Syarat Masuk Bintara TNI AU

1. Pendidikan Formal

Calon Bintara TNI AU harus lulusan SMA atau sederajat. Prestasi akademis yang baik akan menjadi nilai tambah dalam seleksi penerimaan.

2. Tes Kesehatan dan Kebugaran

Tes kesehatan dan kebugaran menjadi bagian penting dalam seleksi calon Bintara TNI AU. Pastikan Anda dalam kondisi fisik yang prima dan bebas dari gangguan kesehatan yang dapat menghambat latihan penerbangan.

3. Tes Psikologi

Tes psikologi akan menilai ketangguhan mental, kemampuan beradaptasi, dan potensi kepemimpinan. Persiapkan diri dengan baik untuk menghadapi tes ini.

Kuota Per Provinsi 2023

TNI juga menetapkan kuota penerimaan calon Bintara dari setiap provinsi di Indonesia untuk tahun 2023. Berikut adalah perkiraan kuota per provinsi:

- Jawa Barat: TNI AL (400), TNI AD (350), TNI AU (300)

- Jawa Tengah: TNI AL (300), TNI AD (250), TNI AU (200)

- Jawa Timur: TNI AL (250), TNI AD (200), TNI AU (180)

- Sumatera Utara: TNI AL (150), TNI AD (130), TNI AU (120)

- Sumatera Selatan: TNI AL (120), TNI AD (100), TNI AU (90)

- Kalimantan Barat: TNI AL (100), TNI AD (80), TNI AU (70)

- Kalimantan Timur: TNI AL (80), TNI AD (60), TNI AU (50)

- Sulawesi Selatan: TNI AL (90), TNI AD (70), TNI AU (60)

- Sulawesi Utara: TNI AL (70), TNI AD (50), TNI AU (40)

- Papua: TNI AL (40), TNI AD (30), TNI AU (20)


Demikianlah informasi mengenai pendaftaran dan syarat masuk Bintara TNI AL, AD, dan AU tahun 2023. Jika Anda berminat untuk menjadi bagian dari Bintara TNI, pastikan Anda memenuhi seluruh persyaratan yang telah ditetapkan. Persiapkan diri dengan baik dan jangan ragu untuk mengikuti proses seleksi dengan penuh dedikasi. Kami juga ingin mengingatkan Anda untuk tetap mengunjungi panara.id untuk dapat menemukan artikel-artikel menarik lainnya. Di sana, Anda akan menemukan berbagai informasi terbaru dan bermanfaat tentang TNI, POLRI, dan Kedinasan.


*Mohon maaf apabila informasi yang kami sampaikan diatas kurang valid. Kami menyadari betapa pentingnya memberikan informasi yang akurat dan terpercaya kepada pembaca kami. Kami akan selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas dan keakuratan konten yang kami sajikan. Apabila Anda mempunyai informasi / data terbaru mengenai artikel diatas, Anda bisa menghubungi kami melalui no Whatsapp dibawah. Terima kasih atas pengertian dan dukungan Anda.

Program Best Seller!

Artikel Populer