Profil PT. Pendidikan Abdi Negara

Bimbel Polri-TNI & Kedinasan ini didirikan oleh 2 purn. Jenderal dimana telah memiliki 500+ alumni berprestasi, centang biru asli di Instagram, diliput 10+ media nasional, media pemasaran Youtube 1,6 Juta Subscriber & melayani lebih dari 30+ kota di Indonesia


Program kami spesial untuk level basic, moderate, hingga advance. Jadi cocok untuk yang baru kelas 10 / 11 / 12 hingga yang pernah tes tapi mengalami kegagalan.

Lihat Selengkapnya
0896-6853-8522
Bimbel TNI Polri Terbaik

Info Pendaftaran, Syarat Masuk Poltekim Poltekip & Kuota Per Provinsi 2023

Selamat datang di website panara.id! Kami dengan senang hati ingin memberikan informasi penting mengenai prosedur pendaftaran, syarat masuk, dan kuota per provinsi untuk tahun 2023. Pada artikel sebelumnya, kami telah memberikan informasi tentang Bimbel Poltekim Online. Untuk kali ini, dengan gembira kami akan memberikan panduan yang komprehensif dan terperinci bagi Anda yang berminat untuk bergabung dengan Poltekim dan Poltekip.

Apa itu Poltekim dan Poltekip?

Poltekim dan Poltekip adalah politeknik di Indonesia yang fokus pada bidang keuangan, ekonomi, dan administrasi keuangan negara. Keduanya dikenal sebagai institusi pendidikan yang unggul dalam mencetak tenaga ahli keuangan pemerintah yang handal dan profesional. Para lulusan Poltekim dan Poltekip memiliki kesempatan karier yang menjanjikan di berbagai instansi pemerintah dan swasta.

Info Pendaftaran Poltekim dan Poltekip 2023

Pendaftaran calon mahasiswa baru untuk Poltekim dan Poltekip tahun 2023 akan segera dibuka. Adapun informasi pendaftaran yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut:

a. Waktu Pendaftaran

Pendaftaran calon mahasiswa baru akan dilaksanakan pada tanggal 15 Januari 2023 hingga 15 April 2023. Pastikan untuk mengisi formulir pendaftaran secara online selama periode pendaftaran berlangsung.

b. Persyaratan Umum

Berikut adalah persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa untuk bisa mendaftar ke Poltekim dan Poltekip:

1. Warga Negara Indonesia (WNI).

2. Usia calon mahasiswa maksimal 25 tahun pada tanggal 15 April 2023.

3. Telah menyelesaikan pendidikan sekolah menengah atas atau sederajat.

4. Sehat jasmani dan rohani, serta tidak buta warna.

Ujian Masuk Poltekim dan Poltekip

Setelah proses pendaftaran selesai, calon mahasiswa akan mengikuti serangkaian ujian masuk yang terdiri dari:

a. Ujian Tulis

Ujian tulis akan menguji kemampuan calon mahasiswa dalam bidang matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, serta pengetahuan umum. Pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi ujian tulis ini.

b. Tes Kesehatan

Calon mahasiswa juga akan menjalani tes kesehatan untuk memastikan bahwa mereka memenuhi persyaratan kesehatan yang ditetapkan oleh Poltekim dan Poltekip.

c. Wawancara

Bagian wawancara akan mengevaluasi kemampuan berkomunikasi dan potensi calon mahasiswa sebagai tenaga ahli keuangan pemerintah.

Kuota Penerimaan Per Provinsi

Salah satu hal penting yang perlu dipahami oleh calon mahasiswa baru yang tertarik untuk bergabung dengan Poltekim dan Poltekip Indonesia adalah kuota penerimaan per provinsi. Setiap tahunnya, Poltekim dan Poltekip menetapkan kuota penerimaan calon mahasiswa baru yang berbeda-beda untuk setiap provinsi di Indonesia. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap wilayah di Indonesia dapat berkontribusi dalam mencetak tenaga ahli keuangan pemerintah yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas masing-masing daerah.


Berikut adalah rincian kuota penerimaan per provinsi untuk tahun 2023:

1. Provinsi Jawa Barat

Jumlah Kuota: 300 siswa

Informasi Tambahan: Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu provinsi dengan kuota terbesar di Poltekim dan Poltekip. Dengan populasi yang besar dan pertumbuhan ekonomi yang pesat, kebutuhan akan tenaga ahli keuangan pemerintah di wilayah ini sangat tinggi.

2. Provinsi Jawa Timur

Jumlah Kuota: 250 siswa

Informasi Tambahan: Provinsi Jawa Timur juga memiliki kuota yang signifikan di Poltekim dan Poltekip. Sebagai provinsi dengan potensi sektor industri yang kuat, para tenaga ahli keuangan pemerintah dari Jawa Timur memiliki peran penting dalam mengelola keuangan negara di wilayah ini.

3. Provinsi Sumatera Utara

Jumlah Kuota: 150 siswa

Informasi Tambahan: Provinsi Sumatera Utara memiliki kuota yang cukup besar di Poltekim dan Poltekip. Wilayah ini memiliki potensi sumber daya alam yang kaya, sehingga para tenaga ahli keuangan pemerintah dari Sumatera Utara berperan penting dalam mengelola aset dan keuangan negara di wilayah ini.

4. Provinsi Sulawesi Selatan

Jumlah Kuota: 100 siswa

Informasi Tambahan: Provinsi Sulawesi Selatan memiliki kuota yang cukup terbatas di Poltekim dan Poltekip. Meskipun demikian, peran tenaga ahli keuangan pemerintah dari wilayah ini tidak kalah pentingnya dalam mendukung pembangunan dan pengelolaan keuangan daerah.

5. Provinsi Kalimantan Timur

Jumlah Kuota: 80 siswa

Informasi Tambahan: Provinsi Kalimantan Timur juga termasuk dalam daftar provinsi dengan kuota terbatas di Poltekim dan Poltekip. Meskipun begitu, para calon tenaga ahli keuangan pemerintah dari wilayah ini memiliki kesempatan untuk berkontribusi dalam pengelolaan keuangan negara di wilayah timur Indonesia.

6. Provinsi Papua

Jumlah Kuota: 40 siswa

Informasi Tambahan: Provinsi Papua memiliki kuota yang paling terbatas di Poltekim dan Poltekip. Namun, peran tenaga ahli keuangan pemerintah dari wilayah ini sangat strategis dalam mengelola keuangan dan anggaran di wilayah terluar Indonesia.

7. Provinsi Bali

Jumlah Kuota: 60 siswa

Informasi Tambahan: Provinsi Bali memiliki kuota yang terbatas, tetapi wilayah ini memiliki peran penting dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Tenaga ahli keuangan pemerintah dari Bali memiliki kesempatan untuk berkontribusi dalam mengoptimalkan pendapatan negara dari sektor-sektor tersebut.

8. Provinsi Nusa Tenggara Barat

Jumlah Kuota: 50 siswa

Informasi Tambahan: Provinsi Nusa Tenggara Barat memiliki kuota yang terbatas, namun wilayah ini memiliki potensi sumber daya alam yang perlu dikelola secara efisien oleh para tenaga ahli keuangan pemerintah.

9. Provinsi Riau

Jumlah Kuota: 70 siswa

Informasi Tambahan: Provinsi Riau juga termasuk dalam daftar provinsi dengan kuota terbatas di Poltekim dan Poltekip. Para tenaga ahli keuangan pemerintah dari wilayah ini memiliki tugas penting dalam mengelola sumber daya alam dan anggaran negara di wilayah Riau.

10. Provinsi Aceh

Jumlah Kuota: 30 siswa

Informasi Tambahan: Provinsi Aceh memiliki kuota yang paling terbatas di Poltekim dan Poltekip. Meskipun jumlahnya terbatas, tenaga ahli keuangan pemerintah dari wilayah ini memiliki tanggung jawab penting dalam pengelolaan keuangan dan anggaran di provinsi yang kaya akan potensi alamnya ini.


Penting untuk memahami dengan baik kuota penerimaan per provinsi agar calon mahasiswa dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik dan meningkatkan peluang untuk diterima di Poltekim dan Poltekip. Pemahaman ini akan membantu para calon mahasiswa untuk menentukan pilihan dan fokus dalam menghadapi proses seleksi masuk ke dua politeknik unggulan ini.

Tips Sukses Lolos Seleksi Poltekim dan Poltekip

Persaingan masuk ke Poltekim dan Poltekip memang cukup ketat, namun Anda tidak perlu khawatir. Berikut adalah beberapa tips sukses agar Anda dapat lolos seleksi masuk Poltekim dan Poltekip:

1. Persiapkan Diri Secara Matang

Buatlah jadwal belajar dan latihan secara teratur. Tingkatkan pemahaman Anda dalam bidang matematika, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris. Selain itu, cari tahu juga tentang perkembangan terkini di bidang keuangan dan ekonomi.

2. Bergabung dengan Kelas Bimbingan Belajar

Mengikuti kelas bimbingan belajar dapat membantu Anda memahami pola ujian dan latihan secara intensif dengan bantuan tenaga pengajar yang berpengalaman.

3. Latihan Soal

Manfaatkan buku latihan soal dan contoh ujian sebelumnya untuk memahami format dan jenis pertanyaan yang mungkin muncul dalam ujian masuk.

4. Berlatih Wawancara

Ajak teman atau keluarga untuk membantu Anda berlatih wawancara. Latihan ini akan meningkatkan kemampuan komunikasi dan percaya diri Anda.


Dengan mengikuti panduan dan tips yang telah kami berikan di atas, kami percaya Anda memiliki peluang yang baik untuk lolos seleksi masuk Poltekim dan Poltekip tahun 2023. Persiapkan diri Anda sebaik mungkin, dan tetap semangat dalam mengejar impian menjadi tenaga ahli keuangan pemerintah yang berkualitas.


*Mohon maaf apabila informasi yang kami sampaikan diatas kurang valid. Kami menyadari betapa pentingnya memberikan informasi yang akurat dan terpercaya kepada pembaca kami. Kami akan selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas dan keakuratan konten yang kami sajikan. Apabila Anda mempunyai informasi / data terbaru mengenai artikel diatas, Anda bisa menghubungi kami melalui no Whatsapp dibawah. Terima kasih atas pengertian dan dukungan Anda.

Program Best Seller!

Artikel Populer