Profil PT. Pendidikan Abdi Negara

Bimbel Polri-TNI & Kedinasan ini didirikan oleh 2 purn. Jenderal dimana telah memiliki 500+ alumni berprestasi, centang biru asli di Instagram, diliput 10+ media nasional, media pemasaran Youtube 1,6 Juta Subscriber & melayani lebih dari 30+ kota di Indonesia


Program kami spesial untuk level basic, moderate, hingga advance. Jadi cocok untuk yang baru kelas 10 / 11 / 12 hingga yang pernah tes tapi mengalami kegagalan.

Lihat Selengkapnya
0896-6853-8522
Bimbel TNI Polri Terbaik

Info Pendaftaran, Syarat Masuk Poltek SSN dan Kuota Per Provinsi 2023

Selamat datang di Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN), lembaga pendidikan tinggi yang memiliki peran strategis dalam menghasilkan tenaga ahli di bidang keamanan siber dan sandi negara. Jika sebelumnya kami telah memberikan informasi tentang Bimbel Poltek SSN, maka kali ini dengan senang hati kami akan memberikan informasi penting mengenai prosedur pendaftaran, syarat, dan kuota dephub per provinsi untuk tahun 2023 di Poltek SSN.

Apa itu Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)?

Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) adalah institusi pendidikan tinggi yang berada di bawah naungan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Poltek SSN memiliki misi utama untuk menghasilkan tenaga ahli di bidang keamanan siber dan sandi negara guna melindungi informasi dan sistem teknologi informasi negara dari ancaman siber.

Info Pendaftaran Poltek SSN 2023

Pendaftaran calon mahasiswa baru di Poltek SSN untuk tahun 2023 akan segera dibuka. Berikut adalah informasi penting mengenai pendaftaran:

a. Waktu Pendaftaran

Pendaftaran calon mahasiswa baru akan dilaksanakan pada tanggal 1 April 2023 hingga 30 Juni 2023. Pastikan untuk mengisi formulir pendaftaran secara online selama periode pendaftaran berlangsung.

b. Persyaratan Umum

Berikut adalah syarat masuk Poltek SSN yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa untuk bisa mendaftar ke Poltek SSN:

1. Warga Negara Indonesia (WNI).

2. Usia calon mahasiswa maksimal 25 tahun pada tanggal 30 Juni 2023.

3. Lulusan SMA atau sederajat dengan nilai rata-rata rapor minimal 7,00.

4. Tidak memiliki catatan kriminal.

c. Tahapan Seleksi

Setelah proses pendaftaran selesai, calon mahasiswa akan mengikuti serangkaian tahapan seleksi yang terdiri dari:

1. Seleksi Administrasi

Pada tahap ini, calon mahasiswa akan mengirimkan berkas-berkas persyaratan untuk diverifikasi oleh panitia seleksi.

2. Ujian Tulis

Calon mahasiswa akan mengikuti ujian tulis yang mencakup materi tentang keamanan siber, sandi negara, dan teknologi informasi.

3. Tes Psikologi

Calon mahasiswa juga akan menjalani tes psikologi untuk menilai kepribadian dan kematangan emosional mereka.

4. Wawancara

Tahap wawancara akan mengevaluasi motivasi dan kemampuan calon mahasiswa dalam menghadapi tantangan di bidang keamanan siber dan sandi negara.

Kuota Penerimaan Per Provinsi di Politeknik Siber dan Sandi Negara Tahun 2023

Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) adalah institusi pendidikan tinggi yang memiliki peran strategis dalam menghasilkan tenaga ahli di bidang keamanan siber dan sandi negara. Setiap tahunnya, Poltek SSN membuka kesempatan bagi calon mahasiswa baru yang berminat untuk bergabung dan berkontribusi dalam menjaga keamanan informasi negara dari ancaman siber. Namun, perlu dipahami bahwa kuota penerimaan calon mahasiswa baru tersebut berbeda-beda untuk setiap provinsi di Indonesia. Hal ini dilakukan karena adanya perbedaan kebutuhan dan kapasitas masing-masing provinsi dalam menyokong sektor keamanan siber dan sandi negara.


Berikut adalah rincian kuota penerimaan per provinsi di Poltek SSN untuk tahun 2023:

1. Jawa Barat

Jumlah Kuota: 150 orang

Informasi Tambahan: Jawa Barat merupakan salah satu provinsi dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia. Selain itu, sebagai salah satu wilayah metropolitan yang maju, keamanan informasi menjadi sangat penting di Jawa Barat. Oleh karena itu, kuota penerimaan calon mahasiswa baru di Jawa Barat menjadi salah satu yang terbesar di antara provinsi lainnya.

2. Jawa Timur

Jumlah Kuota: 120 orang

Informasi Tambahan: Jawa Timur juga merupakan provinsi dengan peran strategis dalam bidang keamanan siber dan sandi negara. Sebagai salah satu pusat industri dan perdagangan di Indonesia, keberadaan tenaga ahli di bidang keamanan siber sangat penting untuk melindungi informasi dan sistem teknologi informasi di wilayah Jawa Timur.

3. Sumatera Utara

Jumlah Kuota: 80 orang

Informasi Tambahan: Sumatera Utara memiliki potensi besar dalam pengembangan teknologi informasi. Oleh karena itu, keberadaan calon mahasiswa baru di bidang keamanan siber di Sumatera Utara sangat dibutuhkan untuk mendukung perkembangan sektor tersebut di wilayah ini.

4. Sulawesi Selatan

Jumlah Kuota: 60 orang

Informasi Tambahan: Sulawesi Selatan juga termasuk dalam provinsi dengan kuota penerimaan Poltek SSN. Keberadaan tenaga ahli di bidang keamanan siber dan sandi negara di wilayah Sulawesi Selatan sangat penting untuk melindungi informasi dan sistem teknologi informasi di daerah ini.

5. Kalimantan Timur

Jumlah Kuota: 50 orang

Informasi Tambahan: Kalimantan Timur merupakan salah satu provinsi dengan potensi besar dalam sektor energi dan pertambangan. Keamanan informasi di sektor-sektor ini menjadi kunci penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah Kalimantan Timur.

6. Papua

Jumlah Kuota: 30 orang

Informasi Tambahan: Papua menjadi salah satu provinsi dengan kuota penerimaan calon mahasiswa baru yang lebih terbatas di Poltek SSN. Meskipun jumlahnya lebih kecil, keberadaan calon mahasiswa yang berkualitas dan berdedikasi di wilayah Papua sangat penting untuk melindungi informasi dan sistem teknologi informasi di daerah ini.

7. Bali

Jumlah Kuota: 40 orang

Informasi Tambahan: Bali merupakan provinsi dengan potensi pariwisata yang sangat tinggi di Indonesia. Keberadaan tenaga ahli di bidang keamanan siber dan sandi negara di pulau Bali ini sangat penting untuk melindungi data dan informasi penting dari ancaman siber.

8. Nusa Tenggara Barat

Jumlah Kuota: 20 orang

Informasi Tambahan: Nusa Tenggara Barat juga termasuk dalam provinsi dengan kuota penerimaan yang lebih terbatas di Poltek SSN. Meskipun jumlahnya kecil, keberadaan calon mahasiswa yang berkualitas di wilayah Nusa Tenggara Barat tetap penting untuk mendukung keamanan siber di wilayah tersebut.

9. Riau

Jumlah Kuota: 70 orang

Informasi Tambahan: Riau merupakan salah satu provinsi dengan kuota penerimaan calon mahasiswa baru yang cukup besar di Poltek SSN. Sebagai salah satu wilayah dengan industri migas dan perkebunan yang penting, keberadaan tenaga ahli di bidang keamanan siber dan sandi negara sangat dibutuhkan di Riau.

10. Aceh

Jumlah Kuota: 25 orang

Informasi Tambahan: Aceh menjadi provinsi dengan kuota penerimaan calon mahasiswa baru yang terbatas di Poltek SSN. Meskipun jumlahnya lebih kecil, kehadiran calon mahasiswa yang berkualitas dan berdedikasi di wilayah Aceh sangat penting untuk mendukung keamanan informasi negara di ujung barat Indonesia ini.

Dalam menghadapi proses seleksi masuk dan penerimaan di Poltek SSN, pemahaman mengenai kuota penerimaan per provinsi menjadi hal yang penting bagi calon mahasiswa. Pemahaman ini akan membantu para calon mahasiswa untuk menentukan pilihan dan fokus dalam menghadapi proses seleksi masuk serta mempersiapkan diri dengan lebih baik.

Tips Sukses Lolos Seleksi Poltek SSN

Persaingan dalam seleksi masuk Poltek SSN tentu saja cukup ketat, mengingat pentingnya peran para lulusan dalam melindungi keamanan siber dan sandi negara. Berikut adalah beberapa tips sukses agar Anda dapat lolos seleksi dan menjadi bagian dari Poltek SSN:

1. Pahami Visi dan Misi Poltek SSN

Pelajari dengan seksama visi dan misi Poltek SSN serta peran strategisnya dalam bidang keamanan siber dan sandi negara. Tunjukkan komitmen dan minat Anda yang tinggi dalam mendukung misi institusi ini.

2. Tingkatkan Pengetahuan Teknologi Informasi

Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman Anda tentang teknologi informasi dan keamanan siber menjadi hal yang sangat penting. Ikuti berbagai pelatihan atau seminar terkait untuk meningkatkan pemahaman Anda.

3. Demonstrasikan Kemampuan Praktis

Selain pengetahuan teori, kemampuan praktis dalam menghadapi ancaman siber dan mengelola sistem keamanan informasi juga sangat penting. Tunjukkan keterampilan Anda dalam menghadapi tantangan keamanan siber melalui projek atau pengalaman praktis lainnya.

4. Tunjukkan Dedikasi dan Etika Profesional

Komitmen, integritas, dan etika profesional merupakan nilai-nilai yang sangat dihargai di bidang keamanan siber dan sandi negara. Tunjukkan dedikasi dan komitmen Anda untuk menjadi bagian dari tim yang dapat diandalkan dalam menjaga keamanan informasi negara.


Dengan mengikuti panduan dan tips yang telah kami berikan di atas, kami yakin Anda memiliki peluang yang baik untuk lolos seleksi masuk Politeknik Siber dan Sandi Negara tahun 2023. Persiapkan diri dengan baik, dan jadilah calon mahasiswa yang berkualitas dan berdedikasi untuk melindungi keamanan siber dan sandi negara Indonesia.

Kami juga ingin mengingatkan Anda untuk tetap mengunjungi panara.id untuk dapat menemukan artikel-artikel menarik lainnya. Di sana, Anda akan menemukan berbagai informasi terbaru dan bermanfaat tentang TNI, POLRI, dan Kedinasan.


*Mohon maaf apabila informasi yang kami sampaikan diatas kurang valid. Kami menyadari betapa pentingnya memberikan informasi yang akurat dan terpercaya kepada pembaca kami. Kami akan selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas dan keakuratan konten yang kami sajikan. Apabila Anda mempunyai informasi / data terbaru mengenai artikel diatas, Anda bisa menghubungi kami melalui no Whatsapp dibawah. Terima kasih atas pengertian dan dukungan Anda.

Program Best Seller!

Artikel Populer