Profil PT. Pendidikan Abdi Negara

Bimbel Polri-TNI & Kedinasan ini didirikan oleh 2 purn. Jenderal dimana telah memiliki 500+ alumni berprestasi, centang biru asli di Instagram, diliput 10+ media nasional, media pemasaran Youtube 1,6 Juta Subscriber & melayani lebih dari 30+ kota di Indonesia


Program kami spesial untuk level basic, moderate, hingga advance. Jadi cocok untuk yang baru kelas 10 / 11 / 12 hingga yang pernah tes tapi mengalami kegagalan.

Lihat Selengkapnya
0896-6853-8522
Bimbel TNI Polri Terbaik

Panduan Anak SMA kelas 10 yang Mau Daftar Kedinasan

Memasuki kelas 10 SMA, banyak siswa mulai merencanakan masa depan mereka. Salah satu pilihan yang menarik adalah mendaftar di lembaga pendidikan kedinasan. Institusi seperti sekolah kedinasan atau akademi militer menawarkan pendidikan yang komprehensif serta peluang karir yang menarik di berbagai bidang, mulai dari militer, kepolisian, hingga administrasi publik.


Bagi siswa yang tertarik dengan jalur ini, berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk mempersiapkan diri dan sukses mendaftar ke lembaga pendidikan kedinasan.

1. Kenali Pilihanmu

Sebelum memulai proses pendaftaran, penting untuk memahami jenis-jenis lembaga kedinasan yang ada dan memilih yang sesuai dengan minat, bakat, dan tujuan karirmu. Mulai dari akademi militer, akademi kepolisian, hingga sekolah tinggi ilmu pelayaran, pastikan kamu memahami persyaratan dan spesifikasi masing-masing lembaga.

2. Pelajari Persyaratan

Setiap lembaga kedinasan memiliki persyaratan yang berbeda. Biasanya, persyaratan meliputi hal-hal seperti nilai rapor, tes kemampuan fisik, tes kesehatan, wawancara, dan tes psikologi. Pelajari persyaratan dengan cermat dan pastikan kamu memenuhinya dengan baik.

3. Perbaiki Prestasi Akademis

Meskipun lembaga kedinasan juga menilai aspek non-akademis, prestasi akademis tetap menjadi faktor penting. Berusahalah untuk meningkatkan nilai rapormu, terutama dalam mata pelajaran yang relevan dengan bidang yang kamu minati.

4. Persiapkan Diri secara Fisik

Kebanyakan lembaga kedinasan mengadakan tes kemampuan fisik yang ketat. Mulailah berlatih secara teratur untuk meningkatkan kebugaran fisikmu. Latihan seperti lari, push-up, sit-up, dan renang akan membantu meningkatkan stamina dan kekuatanmu.

5. Tingkatkan Keterampilan Kepemimpinan dan Kerjasama

Keterampilan kepemimpinan dan kerjasama sangat dihargai dalam lembaga kedinasan. Ikutlah dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah yang dapat membantu mengembangkan keterampilan ini, seperti organisasi siswa, pramuka, atau klub olahraga.

6. Persiapkan Dokumen-dokumen Penting

Pastikan kamu memiliki semua dokumen yang diperlukan untuk proses pendaftaran, seperti akta kelahiran, kartu identitas, transkrip nilai, dan surat rekomendasi. Pastikan juga dokumen-dokumen tersebut dalam kondisi yang baik dan lengkap.

7. Persiapkan Mental

Proses seleksi masuk lembaga kedinasan bisa sangat menantang, baik secara fisik maupun mental. Persiapkan dirimu secara mental dengan mengasah ketahanan, disiplin, dan ketekunan. Juga, siapkanlah dirimu untuk menghadapi tekanan dan tantangan selama proses seleksi.

8. Ikuti Bimbingan dan Konseling

Mengikuti bimbingan dan konseling dapat memberikanmu informasi yang berharga tentang proses pendaftaran, persiapan tes, dan strategi untuk sukses. Jangan ragu untuk meminta bantuan dari guru BK atau konselor sekolahmu.

9. Jaga Motivasi dan Semangat

Proses pendaftaran ke lembaga kedinasan mungkin tidak selalu mulus, namun jangan pernah kehilangan motivasi dan semangat. Tetaplah fokus pada tujuanmu, dan ingatlah bahwa setiap usaha yang kamu lakukan akan membawa kamu lebih dekat pada impianmu.

10. Bersiap untuk Tes dan Wawancara

Terakhir, persiapkan dirimu dengan baik untuk tes dan wawancara. Latihan soal-soal ujian masuk, berlatihlah menjawab pertanyaan-pertanyaan wawancara, dan pastikan kamu tampil dengan percaya diri dan sopan.


Mendaftar ke lembaga pendidikan kedinasan adalah langkah besar yang memerlukan persiapan dan dedikasi yang serius. Dengan mengikuti panduan ini dan berusaha keras, kamu memiliki peluang besar untuk berhasil meraih impianmu menjadi bagian dari lembaga kedinasan yang kamu idamkan. Semoga sukses!

Program Best Seller!

Artikel Populer