Kodam Korem Yogyakarta

Kodam Korem Provinsi DI Yogyakarta – Yogyakarta

 

Selamat datang kembali di Website Panara.id milik kami yang tidak ada hentinya akan menginformasikan berbagai info baik sedikit ataupun banyak kepada para pembaca setia sekalian. Sebelum membahas artikel ini ada baiknya jika para pembaca mengintip sedikit tentang tulisan sebelumnya di  Kodam Korem Provinsi Semarang. Oke dalam artikel kali ini, walaupun informasi yang kami sampaikan terbilang cukup pendek dan singkat tapi percayalah, tulisan-tulisan dibawah ini yang akan segera dibaca oleh para pembaca sekalian akan sangat informatif dan bermanfaat.Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas Kodam Korem Provinsi DI Yogyakarta yang tidak asing lagi untuk masyarakat Indonesia, terlebih masyarakat Jogjakarta.


Daerah militer Angkatan Bersenjata dikenal sebagai Kodam. Organisasi mereka didirikan oleh Jenderal Soedirman, mengikuti model sistem Wehrkreise Jerman. Sistem itu kemudian dikodifikasikan dalam Surat Perintah Siasat No. 1, yang ditandatangani oleh Jenderal Soedirman pada November 1948.


Komando Daerah Militer (disingkat Kodam) adalah komando utama pembinaan dan operasional kewilayahan TNI Angkatan Darat. Kodam merupakan kompartemen strategis yang memiliki tugas pokok menyelenggarakan pembinaan kesiapan operasional atas segenap komandonya dan operasi pertahanan aktif di darat sesuai kebijakan Panglima TNI. Sebuah Kodam dipimpin oleh seorang Panglima Kodam atau disingkat Pangdam yang berpangkat Mayor Jenderal (Mayjen TNI). Kodam juga mengemban tugas dalam penyelenggaraan pendidikan pembentukan dan pengembangan untuk tingkat Tamtama dan Bintara yang operasionalnya dilaksanakan oleh Resimen Induk Daerah Militer (Rindam), sedangkan untuk tingkat Bintara Wanita dilaksanakan oleh Pusat Pendidikan Korps Wanita Angkatan Darat (Pusdik Kowad).


Komando Resor Militer atau yang lebih dikenal dengan sebutan Korem adalah satuan teritorial yang berada dibawah Komando Daerah Militer. Korem membawahi beberapa Komando Distrik Militer, satuan pendukung seperti Polisi Militer, Zeni Bangunan, Pembekalan dan Angkutan, Peralatan, Perhubungan, Kesehatan dan lainnya.

 

Untuk daerah YOGYAKARTA Berikut nama Korem dan Kodam :

KOREM

Nama

Markas

Komando

Komando Resor Militer 072/Pamungkas

Yogyakarta

Kodam IV/Diponegoro

 

            KODAM

Nama

Markas

Komando Daerah Militer IV/Diponegoro

Yogyakarta

 

            Itu tadi merupakan artikel tentang Kodam Korem Provinsi DI Yogyakarta  Dari artikel yang kami berikan untuk Anda, apakah Anda merasa mendapatkan pencerahan? Atau Anda justru merasa membutuhkan orang yang dapat membantu Anda? Selamat! Anda berhasil menemukan kami yang akan menjadi penyelamat Anda. Terima Kasih semoga bermanfaat

Recent Posts
WA WhatsApp
CALL Call