Biografi Jenderal Polisi (Purn) Idham Azis

Biografi Jenderal Polisi (Purn) Idham Azis

Semangat pagi para pembaca. Walaupun mungkin para pembaca membuka halaman ini bukan di pagi hari, namun harapannya semoga semangatnya selalu sama seperti di pagi hari. Apa kabar pembaca? Kembali lagi di panara.id yang siap memberikan berbagai info menarik kepada Anda! Sebelum dilanjut, tengok juga Kisah Hidup Djoko Santosa yang sudah kami siapkan untuk Anda! Baik, kembali ke Jenderal Polisi (Purn) Idham Azis , langsung saja simak artikel berikut!

Tentang Jenderal Polisi (Purn) Idham Azis

Jenderal Polisi (Purn.)Drs. Idham Azis,M.Si. lahir di Kendari, Sulawesi Tenggara , 30 Januari1963. Idham adalah seorangpurnawirawan Polri yang menjabat sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia sejak bulan November 2019 hingga Januari 2021. Ia menggantikan Tito Karnavian. Pada masa akhir jabatannya, Idham digantikan oleh Listyo Sigit Prabowo . Idham berpengalaman dalam bidang reserse. Sebelum menjadi Kapolri, dia menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri .

Idham lahirkan di Kendari, Sulawesi Tenggara pada tanggal 30 Januari 1963 sebagai putra dari pasangan Abdul Azis Halik dan Tuti Pertiwi. Ia menempuh pendidikan dasar di SD Kampung Salo pada tahun 1976, lalu melanjutkan ke pendidikan menengah di SMP 2 Kendari pada tahun 1979, dan menyelesaikannya di SMA 1 Kendari pada tahun 1982. Idham kemudian mencoba mengikuti tes masuk AKABRI Kepolisian (sekarang AKPOL ), tetapi dirinya tidak lolos. Sembari menunggu tes yang akan digelar tahun berikutnya, Idham masuk ke Fakultas Pertanian Universitas Halu Oleo . Pada kesempatan berikutnya, dia kembali mencoba tetapi gagal lagi. Baru pada tahun 1988, Idham akhirnya diterima masuk dan menjadi bagian dari AKABRI Kepolisian A angkatan 1988 (AKPOL 1988 A).

Idham sebenarnya tak pernah menyangka bahwa karirnya dapat memuncak hingga menjadi Kapolri. Ia mengaku cita-citanya hanya sebatas menjadi Kapolwil Kendari. Dapat menjadi orang pertama di Korps Bhayangkara tentu sebuah keberuntungan yang tak disangka olehnya. Sebelum menjabat sebagai Kapolri, Idham pernah menduduki dua posisi penting yaitu Kapolda Metro Jaya dan Kepala Bareskrim Polri. Namanya melejit berkat reputasi lulusan Akpol 1988 ini dalam bidang reserse dan antiteror. Sebagai anggota Densus 88, dia pernah terlibat dalam penanganan kasus bom Bali II, Operasi Camar Maleo hingga Operasi Tinombala di Poso.

Semoga dengan Biografi Jenderal Polisi (Purn) Idham Azis ini, Anda bisa mengambil banyak pelajaran dan menyebarkannya Tak perlu ragu lagi untuk menghubungi layananBimbel TNI dan POLRI yang Panara Course tawarkan.

Recent Posts
WA WhatsApp
CALL Call