Profil PT. Pendidikan Abdi Negara

Bimbel Polri-TNI & Kedinasan ini didirikan oleh 2 purn. Jenderal dimana telah memiliki 500+ alumni berprestasi, centang biru asli di Instagram, diliput 10+ media nasional, media pemasaran Youtube 1,6 Juta Subscriber & melayani lebih dari 30+ kota di Indonesia


Program kami spesial untuk level basic, moderate, hingga advance. Jadi cocok untuk yang baru kelas 10 / 11 / 12 hingga yang pernah tes tapi mengalami kegagalan.

Lihat Selengkapnya
0896-6853-8522
Bimbel TNI Polri Terbaik

Cek Arti Lambang & Logo Poltek SSN Vektor PNG

Dalam era digital yang terus berkembang, peran institusi pendidikan semakin penting dalam menghadapi tantangan dunia siber dan keamanan informasi. Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) menjelma sebagai wujud nyata komitmen dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi siber sekaligus menjaga keamanan informasi. Lambang, bendera, dan pataka yang diusung oleh Poltek SSN tidak hanya sekedar simbol visual, melainkan pula mengandung makna filosofis yang mendalam, mencerminkan nilai-nilai dan peran institusi dalam membentuk masa depan yang aman dan berpengetahuan.

Di artikel sebelumnya, kami telah menyampaikan informasi tentang Arti Lambang & Logo STTD. Kali ini, dengan bangga, panara.id akan memberikan informasi terbaru seputar Arti Lambang & Logo Poltek SSN yang pastinya telah dinantikan oleh Anda.

A. Lambang

Lambang Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) memiliki makna yang dalam, mencerminkan nilai-nilai dan peran institusi tersebut dalam bidang pendidikan, siber, dan keamanan informasi. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai makna-makna yang terkandung dalam lambang tersebut:

1. Bentuk Lambang dan Sila-sila Pancasila

Bentuk lambang yang berupa garis lengkung dengan segi lima sama sisi melambangkan penghormatan terhadap sila-sila dari Pancasila, dasar negara Indonesia yang meliputi nilai-nilai keadilan, kemanusiaan, kerakyatan, persatuan, dan ketuhanan.

2. Isi Lambang

- Bunga Wijaya Kusuma

Simbol bunga Wijaya Kusuma melambangkan ilmu pengetahuan. Bunga ini sering kali dikaitkan dengan pembukaan wawasan dan pencerahan ilmu pengetahuan.

- Lingkaran, Perisai, dan Bulu Cabe

Lingkaran yang mengelilingi gambar perisai dan bulu cabe mencerminkan peran global dan kelas internasional Politeknik Siber dan Sandi Negara dalam dunia siber dan keamanan informasi.

- Jaring yang Saling Terhubung

Simbol jaring yang saling terhubung di dalam lingkaran melambangkan bidang siber dan teknologi tinggi, menunjukkan interkoneksi dan kekompakan dalam menghadapi tantangan dunia siber.

- Perisai dan Bulu Cabe

Perisai di sekitar bulu cabe melambangkan pentingnya keamanan informasi dalam era digital, sementara bulu cabe merah melambangkan sejarah persandian dan identitas institusi.

- Tulisan "Sanata Paroksharta Bhakti"

Frasa ini memiliki makna sebagai pelindung pengabdian terhadap hal-hal yang bersifat rahasia, menekankan pentingnya pengamanan informasi dan dedikasi terhadap tugas tersebut.

- Tulisan "Politeknik Siber dan Sandi Negara"

Nama institusi ditampilkan dengan jelas, memberikan identitas terhadap institusi pendidikan tersebut.

3. Makna Warna Lambang

- Biru

Melambangkan kedalaman kajian ilmu pengetahuan, merujuk pada fokus institusi dalam mengembangkan bidang siber dan keamanan informasi.

- Kuning

Menggambarkan martabat, kebijaksanaan, dan kemuliaan, mencerminkan tingginya standar dan nilai-nilai yang dijunjung oleh institusi.

- Putih

Mewakili ketulusan, kesucian, dan pengabdian tanpa pamrih, mencerminkan tujuan mendasar dalam menyebarkan ilmu pengetahuan dan meningkatkan keamanan informasi.

- Merah

Melambangkan keberanian dan semangat, merepresentasikan tekad dalam menghadapi tantangan dunia siber yang terus berkembang.

B. Bendera Poltek SSN

Bendera merupakan lambang identitas suatu entitas, dan dalam hal ini, Bendera Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) melampaui batasan sebagai sekadar kain berwarna untuk menjadi wujud visual dari esensi dan filosofi yang dianut oleh institusi tersebut. Dalam setiap lekuknya, bendera ini mewakili nilai-nilai, semangat, dan peran yang dimainkan oleh Poltek SSN dalam dunia pendidikan, teknologi siber, dan keamanan informasi.

1. Proporsi yang Mengandung Makna

Dengan proporsi ukuran panjang dan lebar yang mengikuti perbandingan 3:2, bendera Poltek SSN memberikan kesan visual yang seimbang dan proporsional. Namun, proporsi ini tidak sekadar masalah estetika semata, tetapi memiliki makna yang lebih dalam. Proporsi ini mengirimkan pesan tentang keselarasan antara ilmu pengetahuan dan teknologi (3) serta nilai-nilai etika dan keamanan informasi (2) yang merupakan dua pilar utama yang dipegang teguh oleh Poltek SSN.

2. Warna dan Simbol Sentral

Warna biru yang menjadi dasar bendera mengandung arti yang mendalam. Biru, yang melambangkan kedalaman, kebijaksanaan, dan intelektualitas, merepresentasikan tingkat kemakmuran ilmu pengetahuan dan penelitian di Poltek SSN. Ini menggambarkan dedikasi terhadap peningkatan pemahaman dalam bidang siber dan keamanan informasi.


Di tengah-tengah warna biru yang mencerminkan kedalaman pengetahuan, terdapat lambang Poltek SSN. Lambang ini tidak hanya menghiasi bendera, tetapi juga menyampaikan pesan kuat tentang identitas dan peran institusi. Dari sinilah, keseluruhan makna dan semangat Poltek SSN tercermin.

3. Tulisan dan Warna Lambang

Tulisan "Politeknik Siber dan Sandi Negara" yang ditampilkan pada bendera menggunakan warna kuning dan putih. Warna kuning melambangkan martabat, kebijaksanaan, dan kemuliaan, sedangkan warna putih menggambarkan kesucian dan pengabdian tanpa pamrih. Dengan warna-warna ini, tulisan tersebut bukan hanya sekadar nama institusi, tetapi juga simbol dari tekad institusi untuk memberikan kontribusi yang berarti dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi siber.


Lambang Poltek SSN pada bendera menggunakan kombinasi warna biru, merah, kuning, dan putih, semuanya tanpa lis dan rumbai. Ini menunjukkan kesederhanaan dalam penampilan, tetapi tetap menyampaikan makna yang kompleks. Setiap warna memiliki arti yang terkait dengan identitas dan tujuan Poltek SSN, serta mengilustrasikan komitmen institusi dalam menciptakan generasi yang berpengetahuan luas dan peduli akan keamanan informasi.

C. Pataka Poltek SSN

Pataka Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) bukan hanya sekadar sehelai kain yang berkibar di angin; ia merupakan simbol visual yang sarat dengan makna filosofis dan identitas yang mendalam. Tiap elemen dan detail pada pataka ini memiliki arti yang melampaui bentuknya, menggambarkan misi dan semangat Poltek SSN dalam memajukan dunia pendidikan, teknologi siber, dan keamanan informasi.

1. Bentuk yang Menandakan Kesempurnaan

Pataka Poltek SSN memiliki bentuk persegi panjang yang menggambarkan kesempurnaan dalam segala aspeknya. Tidak hanya soal estetika, tetapi ini merujuk pada upaya Poltek SSN untuk mencapai kesempurnaan dalam hal pengetahuan, teknologi, dan nilai-nilai yang dianut. Dalam bentuk ini, pataka mencerminkan tekad institusi untuk menghasilkan generasi yang memiliki pemahaman yang mendalam serta integritas yang tak tergoyahkan.

2. Warna dan Makna Lambang

Warna dasar pataka adalah biru, yang tidak hanya menambahkan keindahan visual, tetapi juga memiliki makna yang signifikan. Biru, dengan kedalaman dan kebijaksanaannya, menjadi representasi ideal yang cocok untuk Poltek SSN. Ini adalah warna yang melambangkan kedalaman pengetahuan dalam bidang siber dan teknologi, serta kebijaksanaan dalam menghadapi tantangan keamanan informasi.

Logo Poltek SSN yang diletakkan di tengah pataka menjadi pusat perhatian. Ini adalah jantung dari identitas institusi dan segala apa yang diwakilinya. Lambang ini bukan hanya sekadar gambar, tetapi portal ke dalam nilai-nilai, filosofi, dan komitmen yang dianut oleh Poltek SSN dalam membangun dunia siber yang aman dan berpengetahuan.

3. Tulisan dan Warna Lambang

Tulisan "Politeknik Siber dan Sandi Negara" yang ditampilkan di pataka menggunakan warna kuning dan putih. Kuning merepresentasikan martabat, kebijaksanaan, dan kemuliaan, sementara putih menggambarkan ketulusan dan pengabdian. Dengan warna-warna ini, tulisan ini bukan hanya menyebutkan nama institusi, tetapi juga mewakili semangat dan dedikasi untuk membentuk individu yang penuh dengan pengetahuan dan integritas.

Lambang Poltek SSN pada pataka hadir dalam warna biru, merah, kuning, dan putih. Kombinasi warna ini menciptakan harmoni visual yang kuat, dan setiap warna memiliki makna yang dalam. Dengan warna kuning emas pada lis dan rumbai, pataka ini menambahkan sentuhan keagungan, menunjukkan bahwa Poltek SSN berdiri sebagai lembaga yang dihormati dan berprestasi.


Dengan filosofi yang terkandung dalam lambang, bendera, dan pataka Poltek SSN, institusi ini mampu memberikan pandangan menyeluruh mengenai tujuan, peran, serta identitasnya. Ilmu pengetahuan sebagai bunga Wijaya Kusuma, jaringan yang terhubung secara global, dan semangat keberanian yang terpancar dari warna merah semuanya bersatu demi menciptakan lingkungan yang aman dan berwawasan di era digital ini. Melalui simbol-simbol tersebut, Poltek SSN mengilhami generasi masa depan untuk menjunjung tinggi nilai-nilai ilmu pengetahuan dan keamanan informasi dalam membangun masyarakat yang lebih baik dan terjaga keberlanjutannya. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat bagi para pembaca, jangan lupa kunjungi panara.id untuk artikel menarik lainnya. *Mohon maaf apabila informasi yang kami sampaikan diatas kurang valid. Kami menyadari betapa pentingnya memberikan informasi yang akurat dan terpercaya kepada pembaca kami. Kami akan selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas dan keakuratan konten yang kami sajikan. Apabila Anda mempunyai informasi / data terbaru mengenai artikel diatas, Anda bisa menghubungi kami melalui no Whatsapp dibawah. Terima kasih atas pengertian dan dukungan Anda.

Program Best Seller!

Artikel Populer