Profil PT. Pendidikan Abdi Negara

Bimbel Polri-TNI & Kedinasan ini didirikan oleh 2 purn. Jenderal dimana telah memiliki 500+ alumni berprestasi, centang biru asli di Instagram, diliput 10+ media nasional, media pemasaran Youtube 1,6 Juta Subscriber & melayani lebih dari 30+ kota di Indonesia


Program kami spesial untuk level basic, moderate, hingga advance. Jadi cocok untuk yang baru kelas 10 / 11 / 12 hingga yang pernah tes tapi mengalami kegagalan.

Lihat Selengkapnya
0896-6853-8522
Bimbel TNI Polri Terbaik

Sudah Tahu Arti Lambang & Logo Polda Sumatera Selatan PNG Vector

Dalam menjalankan tugasnya, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengusung berbagai simbol yang sarat dengan makna dan nilai-nilai yang tinggi. Simbol-simbol ini tidak hanya menggambarkan kekuatan fisik, tetapi juga mencerminkan prinsip-prinsip moral yang harus dijunjung tinggi oleh setiap anggota polisi. Melalui lambang-lambang ini, Polri mengingatkan dirinya sendiri akan tanggung jawab besar yang dipikulnya dalam menjaga keamanan, ketertiban, dan keadilan bagi masyarakat. Dalam tulisan ini, kita akan mengulas secara mendalam tentang makna dan filosofi di balik simbol-simbol yang dijunjung tinggi oleh Polri.

1. Gajah

Gajah, dalam konteks ini, menjadi simbol yang sangat bermakna bagi kepolisian. Kekuatan fisik dan mental gajah merepresentasikan kekuatan yang diperlukan oleh seorang anggota polisi dalam menjalankan tugasnya. Selain itu, sifat kepatuhan, kesabaran, dan ketenangan dari gajah juga menjadi contoh bagi polisi untuk tetap tenang, sabar, patuh, dan disiplin dalam menghadapi berbagai situasi dan tantangan.

2. Keris Segoro Kembar

Keris Segoro Kembar adalah sebuah pusaka yang memiliki nilai sejarah dan kebudayaan yang sangat tinggi. Keris ini milik Sultan Mahmud Badaruddin II dan membawa makna mendalam sebagai alat pelindung kebenaran. Melalui simbol ini, tergambar persatuan yang erat antara Polri sebagai penegak hukum dengan peran pentingnya sebagai pelindung masyarakat dari segala bentuk ancaman dan kejahatan.

3. Gong

Gong menjadi lambang penting yang menggambarkan cara komunikasi dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat. Panggilan gong mengajak untuk mengadakan musyawarah, menunjukkan pentingnya berdialog dan berdiskusi untuk mencapai tujuan bersama. Hal ini mencerminkan komitmen Polri dalam menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat dan mencari solusi bersama dalam memelihara keamanan.

4. Bukit

Bukit, khususnya Bukit Siguntang, memiliki makna historis yang mendalam dalam kebudayaan Sriwijaya. Tempat ini menjadi simbol kekuatan dan ketahanan, mengajarkan bahwa sebagaimana bukit mampu berdiri kokoh menghadapi berbagai rintangan alam, begitu pula seorang polisi harus berdiri di atas kebenaran dan keadilan. Bukit juga mengingatkan Polri untuk senantiasa membina, membela, dan melindungi masyarakat seperti halnya raja yang memelihara kerajaannya.

5. 9 Alur Sungai

Sembilan Alur Sungai, atau yang dikenal sebagai Batang Hari Sembilan, menjadi simbol vital di Sumatera Selatan. Sungai-sungai ini tidak hanya membawa air sebagai sumber kehidupan dan kesuburan, tetapi juga mencerminkan keberadaan Polri yang turut mengalir dalam kehidupan masyarakat. Seperti aliran sungai yang tak pernah berhenti, Polri senantiasa hadir dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga keamanan dan kesejahteraan masyarakat.

6. Padi dan Kapas

Padi dan Kapas menjadi simbol makmur dan sejahtera. Tanaman ini merupakan sumber kehidupan dan kesejahteraan bagi masyarakat. Bintang yang melambangkan KeTuhanan Yang Maha Esa mengingatkan bahwa dalam menjalankan tugasnya, Polri juga harus selalu mengedepankan nilai-nilai keagamaan dan keimanan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.


Dari gajah yang melambangkan kekuatan hingga padi dan kapas yang menggambarkan kemakmuran, setiap simbol yang diusung oleh Polri memiliki makna yang mendalam dan memberikan pengingat akan tugas suci yang harus diemban oleh setiap anggota kepolisian. Semua lambang ini mengajarkan nilai-nilai kebenaran, keadilan, dan pengabdian kepada masyarakat. Dengan memahami dan menghayati simbol-simbol ini, diharapkan setiap anggota polisi dapat menjalankan tugasnya dengan integritas dan dedikasi tinggi, sehingga masyarakat dapat hidup dalam keamanan dan kesejahteraan yang dijaga dengan sepenuh hati oleh Polri.


Kami juga ingin mengingatkan Anda untuk tetap mengunjungi panara.id untuk dapat menemukan artikel-artikel menarik lainnya. Di sana, Anda akan menemukan berbagai informasi terbaru dan bermanfaat tentang TNI, POLRI, dan Kedinasan.


*Mohon maaf apabila informasi yang kami sampaikan diatas kurang valid. Kami menyadari betapa pentingnya memberikan informasi yang akurat dan terpercaya kepada pembaca kami. Kami akan selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas dan keakuratan konten yang kami sajikan. Apabila Anda mempunyai informasi / data terbaru mengenai artikel diatas, Anda bisa menghubungi kami melalui no Whatsapp dibawah. Terima kasih atas pengertian dan dukungan Anda.

Program Best Seller!

Artikel Populer