Profil PT. Pendidikan Abdi Negara

Bimbel Polri-TNI & Kedinasan ini didirikan oleh 2 purn. Jenderal dimana telah memiliki 500+ alumni berprestasi, centang biru asli di Instagram, diliput 10+ media nasional, media pemasaran Youtube 1,6 Juta Subscriber & melayani lebih dari 30+ kota di Indonesia


Program kami spesial untuk level basic, moderate, hingga advance. Jadi cocok untuk yang baru kelas 10 / 11 / 12 hingga yang pernah tes tapi mengalami kegagalan.

Lihat Selengkapnya
0896-6853-8522
Bimbel TNI Polri Terbaik

Disini Arti Lambang & Logo Kodam XIV / Hasanuddin

Lambang dan Logo Kodam XIV / Hasanuddin adalah simbol-simbol yang mengandung cerita panjang tentang sejarah, kebanggaan, dan visi dari lembaga ini. Dalam artikel ini, kita akan mengupas tuntas makna-makna yang terkandung di dalamnya, memberikan wawasan mendalam tentang filosofi yang menginspirasi Lambang dan Logo Kodam XIV / Hasanuddin. Mari kita membuka tirai misteri dan menjelajahi arti yang tersembunyi di balik simbol-simbol ini.

Arti Makna Lambang Logo:

Logo Kodam XIV Hasanuddin Makassar mengandung sejumlah makna mendalam yang merefleksikan semangat, tekad, dan cita-cita prajuritnya. Setiap elemen dalam logo ini memiliki arti yang penting, mewakili nilai-nilai yang dipegang teguh oleh Kodam XIV Hasanuddin dan prajuritnya dalam menjaga keselamatan dan kehormatan NKRI.

1. Perisai

Perisai sebagai alat penangkis serangan lawan mengandung pesan untuk selalu waspada dan siap menghadapi segala kemungkinan yang mengancam NKRI. Ini melambangkan kewaspadaan dan kesiapan prajurit untuk melindungi negara.

2. Bintang Bersudut Lima

Bintang ini melambangkan cita-cita tinggi prajurit untuk mencapai hasil gemilang yang diilhami oleh Pancasila, dasar negara Indonesia.

3. Pohon Lontara

Pohon lontara mewakili keteguhan prajurit Hasanuddin dengan keluhuran budi, keberanian dalam membela bangsa dan tanah air, serta ketaatan dan kepatuhan terhadap atasan.

4. Buah Lontara Berjumlah 8

Delapan buah lontar mencerminkan prajurit Kodam XIV Hasanuddin yang hidup dengan pedoman delapan wajib TNI.

5. Tulisan "Hasanuddin" di atas Dasar Hitam

Tulisan ini mengingatkan akan arti sejarah dan tanggung jawab untuk menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang proklamasi pada tahun 1945.

6. Ruas Batang Pohon Berjumlah 5

Makna dari lima ruas ini adalah tekad prajurit untuk memegang teguh Sumpah Prajurit.

7. Benteng dengan 7 Pondasi

Benteng ini melambangkan pertahanan yang kokoh dalam persatuan dan kesatuan, serta kesetiaan terhadap Sapta Marga.

8. Tulisan "Sa" dalam Aksara Lontara

Tulisan ini menggambarkan perpaduan empat unsur dalam tubuh manusia: air, angin, tanah, dan api.

Arti Warna Logo Kodam XIV Hasanuddin:

1. Hitam

Simbol keabadian pertiwi dan persatuan antara prajurit dan rakyat.

2. Merah

Mewakili keberanian dan semangat juang yang dinamis dari prajurit Kodam XIV Hasanuddin.

3. Kuning

Melambangkan kemuliaan, kegemilangan, kehalusan, dan keagungan.

4. Hijau

Simbol kesuburan dan kekayaan tanah air Indonesia.

5. Putih

Merepresentasikan kesucian, kebenaran, dan keluhuran budi.


Keseluruhan logo dan makna warnanya menggambarkan komitmen, semangat, dan tekad prajurit Kodam XIV Hasanuddin Makassar dalam menjaga integritas dan kejayaan NKRI. Simbolisme dalam logo ini menjadi cerminan dari nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh mereka dalam melaksanakan tugas mulia mereka bagi bangsa dan negara.


Kami juga ingin mengingatkan Anda untuk tetap mengunjungi panara.id untuk dapat menemukan artikel-artikel menarik lainnya. Di sana, Anda akan menemukan berbagai informasi terbaru dan bermanfaat tentang TNI, POLRI, dan Kedinasan.


*Mohon maaf apabila informasi yang kami sampaikan diatas kurang valid. Kami menyadari betapa pentingnya memberikan informasi yang akurat dan terpercaya kepada pembaca kami. Kami akan selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas dan keakuratan konten yang kami sajikan. Apabila Anda mempunyai informasi / data terbaru mengenai artikel diatas, Anda bisa menghubungi kami melalui no Whatsapp dibawah. Terima kasih atas pengertian dan dukungan Anda.

Program Best Seller!

Artikel Populer