Profil PT. Pendidikan Abdi Negara

Bimbel Polri-TNI & Kedinasan ini didirikan oleh 2 purn. Jenderal dimana telah memiliki 500+ alumni berprestasi, centang biru asli di Instagram, diliput 10+ media nasional, media pemasaran Youtube 1,6 Juta Subscriber & melayani lebih dari 30+ kota di Indonesia


Program kami spesial untuk level basic, moderate, hingga advance. Jadi cocok untuk yang baru kelas 10 / 11 / 12 hingga yang pernah tes tapi mengalami kegagalan.

Lihat Selengkapnya
0896-6853-8522
Bimbel TNI Polri Terbaik

Apakah Lulusan SMK bisa Masuk AKPOL?

Apakah lulusan SMK berkesempatan untuk melanjutkan karir di Akademi Kepolisian (Akpol)? Pertanyaan ini sering kali muncul, terutama bagi mereka yang bercita-cita menjadi bagian dari institusi penegak hukum. Untuk menjawab pertanyaan ini, perlu dipahami bahwa terdapat persyaratan khusus yang harus dipenuhi.


Saat ini, menurut informasi resmi dari Akademi Kepolisian Indonesia, lulusan SMK belum memenuhi syarat untuk mendaftar di Akpol. Kriteria penerimaan saat ini mengharuskan calon anggota untuk memiliki latar belakang pendidikan dari SMA atau MA. Penyebab dari kebijakan ini dapat dijelaskan dari segi perbedaan fokus pendidikan antara SMK dan SMA/MA. SMK lebih berorientasi pada pendidikan kejuruan, sementara SMA/MA mengutamakan pendidikan umum.


Akpol memiliki peran penting dalam mempersiapkan dan melatih anggota kepolisian yang berkualitas dan siap melaksanakan tugas-tugas penegakan hukum. Oleh karena itu, persyaratan pendidikan yang ketat merupakan hal yang wajar untuk memastikan bahwa setiap calon anggota memiliki landasan pendidikan yang memadai.

Syarat Pendaftaran Masuk AKPOL:

A. Persyaratan Umum

1. Kewarganegaraan Indonesia (WNI)

Calon haruslah Warga Negara Indonesia baik pria maupun wanita.

2. Iman kepada Tuhan Yang Maha Esa

Keimanan merupakan salah satu aspek penting dalam penerimaan sebagai anggota Polri. Calon diharapkan memiliki keyakinan kuat terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

3. Kesehatan Jasmani dan Rohani

Kondisi kesehatan jasmani dan rohani yang prima merupakan hal yang mutlak. Calon harus dapat menunjukkan bahwa mereka dalam kondisi fisik dan mental yang baik.

4. Usia Minimum 18 Tahun

Calon harus berusia minimal 18 tahun pada saat diangkat sebagai anggota Polri. Kematangan dan kesiapan untuk mengemban tugas-tugas kepolisian adalah hal yang diharapkan.

5. Bebas dari Kejahatan

Calon tidak boleh pernah terlibat dalam kejahatan atau terkena tindak pidana. Pemeriksaan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) akan dilakukan untuk memastikan hal ini.

6. Bersikap Adil dan Jujur

Integritas adalah nilai yang sangat dihargai dalam tubuh Polri. Calon diharapkan memiliki sikap yang adil, jujur, dan dapat dipercaya.

B. Persyaratan Khusus

1. Pria atau Wanita

Persyaratan ini terbuka bagi keduanya, baik pria maupun wanita. Semua individu yang memenuhi kriteria dapat mengajukan diri untuk menjadi anggota Polri.

2. Tidak Anggota atau Mantan Anggota Polri, TNI, dan PNS

Calon tidak boleh memiliki status sebagai anggota atau mantan anggota dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Tentara Nasional Indonesia (TNI), atau Pegawai Negeri Sipil (PNS).

3. Ijazah Minimal SMA/MA Jurusan IPA/IPS

Calon harus memiliki ijazah minimal dari Sekolah Menengah Atas atau Madrasah Aliyah dengan jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Ijazah dari Paket A, B, dan C tidak diperbolehkan.


Mengikuti persyaratan di atas adalah langkah pertama yang sangat penting dalam perjalanan menuju karir yang mulia sebagai anggota Polri. Dengan memastikan bahwa semua persyaratan terpenuhi, calon akan memperoleh kesempatan untuk mengabdi kepada masyarakat melalui lembaga kepolisian.


Penting bagi para calon pendaftar untuk memahami persyaratan yang ditetapkan oleh Akpol sebelum memutuskan untuk mendaftar. Pastikan bahwa latar belakang pendidikan dan usia Anda memenuhi kriteria yang telah ditetapkan. Selain itu, jaga semangat dan motivasi Anda untuk menjadi bagian dari kehormatan membela negara melalui keanggotaan di Akpol.


Sebagai kesimpulan, sementara saat ini lulusan SMK belum dapat mendaftar di Akpol, mereka masih memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA/MA dan memenuhi syarat untuk mendaftar di masa mendatang. Penting untuk selalu memantau informasi terbaru dari Akpol terkait persyaratan penerimaan agar Anda dapat mempersiapkan diri dengan baik. Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman yang lebih jelas mengenai peluang lulusan SMK untuk bergabung dengan Akademi Kepolisian Indonesia.


Kami juga ingin mengingatkan Anda untuk tetap mengunjungi panara.id untuk dapat menemukan artikel-artikel menarik lainnya. Di sana, Anda akan menemukan berbagai informasi terbaru dan bermanfaat tentang TNI, POLRI, dan Kedinasan.


*Mohon maaf apabila informasi yang kami sampaikan diatas kurang valid. Kami menyadari betapa pentingnya memberikan informasi yang akurat dan terpercaya kepada pembaca kami. Kami akan selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas dan keakuratan konten yang kami sajikan. Apabila Anda mempunyai informasi / data terbaru mengenai artikel diatas, Anda bisa menghubungi kami melalui no Whatsapp dibawah. Terima kasih atas pengertian dan dukungan Anda.

Program Best Seller!

Artikel Populer