Profil PT. Pendidikan Abdi Negara

Bimbel Polri-TNI & Kedinasan ini didirikan oleh 2 purn. Jenderal dimana telah memiliki 500+ alumni berprestasi, centang biru asli di Instagram, diliput 10+ media nasional, media pemasaran Youtube 1,6 Juta Subscriber & melayani lebih dari 30+ kota di Indonesia


Program kami spesial untuk level basic, moderate, hingga advance. Jadi cocok untuk yang baru kelas 10 / 11 / 12 hingga yang pernah tes tapi mengalami kegagalan.

Lihat Selengkapnya
0896-6853-8522
Bimbel TNI Polri Terbaik

Mengenal Apa itu Tamtama Polri: Tugas, Gaji dan Jenjang Karir

Jenjang karir Tamtama Polri merupakan hal penting dalam perkembangan karir anggota Kepolisian Republik Indonesia. Sebagai golongan terendah dalam struktur Polri, Tamtama memiliki kesempatan untuk naik pangkat dan mengembangkan karirnya berdasarkan prestasi dan masa kerja yang telah dijalani. Proses naik pangkat ini merupakan bentuk apresiasi atas dedikasi dan kontribusi mereka dalam menjaga keamanan, ketertiban, dan pelayanan kepada masyarakat.

Jika sebelumnya kami telah memberikan informasi tentang Bimbel Polri, maka kali ini dengan senang hati panara.id akan mengulas secara singkat tentang Tamtama Polri yang mencakup berbagai pangkat yang dapat dicapai serta persyaratan yang harus dipenuhi untuk mencapainya.

Pengertian Tamtama Polri

Tamtama Polri adalah tingkatan atau golongan terendah dalam Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Tamtama Polri biasanya terdiri dari para anggota kepolisian yang baru bergabung dan belum memiliki pangkat di atasnya. Mereka merupakan tenaga operasional yang bertugas melaksanakan tugas-tugas lapangan, seperti patroli, pengamanan, dan penegakan hukum.


Proses perekrutan tamtama Polri melalui seleksi yang ketat dan pelatihan intensif. Setelah lulus pendidikan, mereka akan ditempatkan di unit-unit operasional di seluruh Indonesia. Tamtama Polri memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta mendukung tugas-tugas yang diemban oleh anggota polisi dengan pangkat lebih tinggi.


Mereka dapat naik pangkat dan mengembangkan karir dalam Polri melalui promosi berdasarkan prestasi dan masa kerja yang telah dijalani. Dengan dedikasi dan kerja keras, seorang tamtama Polri dapat mencapai tingkatan pangkat yang lebih tinggi, seperti Bintara Polri dan perwira Polri.

Tugas Tamtama Polri

1. Patroli Keamanan

Melakukan patroli di wilayah tugasnya untuk mencegah tindak kejahatan, mengatasi gangguan keamanan, dan memberikan rasa aman kepada masyarakat.

2. Pengamanan

Bertugas dalam operasi pengamanan, seperti pengamanan acara, demo, atau kerusuhan untuk menjaga ketertiban dan mencegah gangguan kamtibmas.

3. Penegakan Hukum

Membantu Bintara dan perwira dalam melaksanakan penegakan hukum, seperti melakukan penangkapan terhadap pelaku kejahatan.

4. Pelayanan Masyarakat

Memberikan pelayanan dan bantuan kepada masyarakat, termasuk memberikan informasi, mengarahkan lalu lintas, dan membantu korban kecelakaan.

5. Pengaturan Lalu Lintas

Mengatur lalu lintas di persimpangan jalan atau titik-titik rawan kecelakaan guna memastikan kelancaran arus lalu lintas.

6. Penyelidikan Awal

Melakukan penyelidikan awal terhadap tindak kejahatan yang terjadi di wilayah tugasnya sebelum diserahkan ke unit penyidik.

7. Pelaksanaan Perintah

Melaksanakan perintah dari atasan sesuai dengan tugas dan fungsi yang diberikan.

8. Pemeliharaan dan Penggunaan Perlengkapan

Bertanggung jawab atas pemeliharaan dan penggunaan perlengkapan dinas, termasuk senjata dan alat komunikasi.

9. Pembinaan Ketertiban Masyarakat

Ikut serta dalam kegiatan pembinaan ketertiban masyarakat dengan mengedukasi dan memberikan sosialisasi tentang hukum dan peraturan.

10. Penanganan Kecelakaan Lalu Lintas

Memberikan pertolongan pertama dan mengatur lalu lintas saat terjadi kecelakaan di jalan raya.


Tamtama Polri merupakan tulang punggung dalam pelaksanaan tugas kepolisian di lapangan. Mereka berperan penting dalam menjaga keamanan, melayani masyarakat, dan menegakkan hukum guna menciptakan kondisi kamtibmas yang kondusif.

Gaji Tamtama Polri

Gaji Tamtama Polri ditentukan berdasarkan pangkat dan golongan dalam struktur kepolisian. Gaji yang diterima oleh seorang Tamtama Polri juga dapat berbeda-beda tergantung dari faktor-faktor seperti tunjangan khusus, penempatan tugas, dan masa kerja. Namun, di bawah ini adalah perkiraan gaji pokok Tamtama Polri berdasarkan golongan pangkat:

1. Tamtama Polri Golongan I

Gaji pokok: sekitar Rp 3.000.000 - Rp 4.000.000 per bulan

2. Tamtama Polri Golongan II

Gaji pokok: sekitar Rp 3.500.000 - Rp 4.500.000 per bulan

3. Tamtama Polri Golongan III

Gaji pokok: sekitar Rp 4.000.000 - Rp 5.000.000 per bulan

4. Tamtama Polri Golongan IV

Gaji pokok: sekitar Rp 4.500.000 - Rp 5.500.000 per bulan


Perlu diketahui bahwa angka-angka tersebut hanya perkiraan dan dapat berubah sesuai dengan kebijakan pemerintah atau instansi terkait. Gaji Tamtama Polri juga dapat ditambah dengan tunjangan dan fasilitas lainnya, seperti tunjangan keluarga, tunjangan kesehatan, tunjangan operasional, dan tunjangan kinerja. Semakin tinggi pangkat dan masa kerja seseorang, maka semakin tinggi pula gaji yang diterima.

Jenjang Karir Tamtama Polri

Jenjang karir Tamtama Polri dapat berkembang dengan naik pangkat berdasarkan prestasi, masa kerja, dan pendidikan yang ditempuh. Berikut adalah beberapa jenjang karir Tamtama Polri:

1. Tamtama Polri

Tamtama merupakan pangkat awal dalam Polri setelah lulus dari pendidikan dasar kepolisian.

2. Kepala Tamtama (Katama)

Setelah beberapa tahun masa kerja dan memenuhi syarat yang ditetapkan, seorang Tamtama Polri dapat dipromosikan menjadi Kepala Tamtama (Katama).

3. Kepala Dua Tamtama (Katama II)

Kepala Dua Tamtama adalah jenjang di atas Katama, yang dapat dicapai setelah memenuhi persyaratan masa kerja dan penilaian kinerja.

4. Kepala Satu Tamtama (Katama I)

Kepala Satu Tamtama merupakan pangkat di atas Katama II, yang merupakan jenjang karir lebih lanjut bagi anggota Tamtama Polri yang berprestasi.

5. Kepala Kepolisian Dua Tamtama (Katama Kepala II)

Pangkat ini merupakan jenjang karir di atas Katama I, dan biasanya diberikan kepada anggota Tamtama yang memiliki pengalaman dan prestasi yang luar biasa.

6. Kepala Kepolisian Satu Tamtama (Katama Kepala I)

Kepala Kepolisian Satu Tamtama adalah pangkat tertinggi dalam jenjang karir Tamtama Polri. Untuk mencapai pangkat ini, seorang anggota Tamtama harus memiliki rekam jejak yang sangat baik dan memiliki dedikasi tinggi dalam pelayanan kepolisian.


Perlu dicatat bahwa proses promosi dan kenaikan pangkat dalam Polri diatur berdasarkan peraturan yang berlaku dan melibatkan berbagai faktor evaluasi. Tidak semua anggota Tamtama Polri akan mencapai semua tingkatan di atas, karena kenaikan pangkat bergantung pada prestasi dan kemampuan individu.


Jenjang karir Tamtama Polri memberikan harapan dan motivasi bagi anggota polisi yang baru bergabung untuk terus mengembangkan diri dan berprestasi dalam menjalankan tugas-tugasnya. Dari pangkat Tamtama hingga mencapai pangkat Kepala Kepolisian Satu Tamtama (Katama Kepala I), setiap tingkatan menandai pencapaian yang berarti dalam karir seorang anggota polisi. Penting bagi setiap anggota Tamtama Polri untuk terus meningkatkan kemampuan, pengetahuan, dan etos kerja guna mencapai kesempatan naik pangkat yang lebih tinggi. Dengan semangat dan dedikasi, diharapkan generasi Tamtama Polri masa depan dapat melanjutkan tradisi kepolisian yang profesional, berintegritas, dan mampu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Indonesia. Kami juga ingin mengingatkan Anda untuk tetap mengunjungi panara.id untuk dapat menemukan artikel-artikel menarik lainnya. Di sana, Anda akan menemukan berbagai informasi terbaru dan bermanfaat tentang TNI, POLRI, dan Kedinasan.


*Mohon maaf apabila informasi yang kami sampaikan diatas kurang valid. Kami menyadari betapa pentingnya memberikan informasi yang akurat dan terpercaya kepada pembaca kami. Kami akan selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas dan keakuratan konten yang kami sajikan. Apabila Anda mempunyai informasi / data terbaru mengenai artikel diatas, Anda bisa menghubungi kami melalui no Whatsapp dibawah. Terima kasih atas pengertian dan dukungan Anda.

Program Best Seller!

Artikel Populer